Proyek Jembatan Jonasan Solo Molor, Jalan Juanda Masih Ditutup

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 16:27 WIB
Proyek jembatan Jonasan Solo molor
Proyek jembatan Jonasan Solo molor (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Pembangunan Jembatan Jonasan, Kota Solo molor dari batas waktu yang ditentukan. Akibatnya, Jalan Juanda di ruas simpang Jalan Gotong Royong sampai simpang Mlipakan masih ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, mengatakan seharusnya jalan tersebut sudah bisa dibuka kemarin. Menurutnya, jalan akan dibuka kembali setelah proyek selesai.

"Seharusnya kemarin bisa dibuka, tapi karena molor, kita belum tahu sampai kapan. Yang jelas setelah proyek selesai akan kita buka," kata Ari saat dihubungi detikcom, Rabu (1/12/2021).

Terkait potensi kemacetan, Ari menyebut antara lain di titik persimpangan antara Jalan Surya dan Jalan Gotong Royong, kemudian di titik persimpangan antara Jalan Surya dengan Jalan HOS Cokroaminoto.

"Tapi saat ini saya kira masyarakat sudah terbiasa dan tahu harus memilih rute yang mana," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota Solo, Nur Basuki, mengatakan progres pembangunan saat ini baru mencapai 70 persen. Sisa 30 persen itu antara lain ialah pemasangan voided slap.

"Usia beton pada konstruksinya juga belum matang, jadi harus menunggu sehingga belum bisa dilanjutkan. Ini kira-kira masih 30 persen," kata Nur.

Dia pun memprediksi proyek bakal selesai sekitar 10-15 Desember 2021. Dengan molornya pekerjaan jembatan, maka kontraktor harus membayar denda.

"Kemungkinan antara 10-15 Desember selesai. Kontraktornya tetap kita kenakan denda, harusnya 30 November selesai," pungkasnya.

(ams/sip)