Kronologi Mbah Minto Bela Diri Lawan Pencuri hingga Dituntut 2 Tahun Bui

Mochamad Saifudin - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 20:41 WIB
Kejari Demak jelaskan alasan penuntutan Mbah Minto yang membela diri melawan pencuri.
Kejari Demak jelaskan alasan penuntutan Mbah Minto yang membela diri melawan pencuri. Foto: Mochamad Saifudin/detikcom
Demak -

Kasmito atau Mbah Minto (74) di Demak, Jawa Tengah, yang membela diri melawan pencuri ikan di kolam yang ia jaga, dituntut dua tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Kejari Demak menjelaskan bahwa perkara Mbah Minto merupakan tindak pidana penganiayaan berat yang menyebabkan korban luka serius.

Berikut kronologi kasus Mbah Minto yang membela diri lawan pencuri ikan di kolam yang ia jaga, hingga akhirnya dituntut dua tahun penjara:

Selasa 7 September 2021

Mbah Minto membacok pencuri di kolam ikan yang ia jaga di Desa pasir, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (7/9/2021) sekitar waktu Isya. Kemudian malam itu juga Mbah Minto diamankan pihak kepolisian.

Mbah Minto membacok pria berinisial M (38) karena masuk dalam area kolam yang ia jaga. M masuk ke dalam kolam dengan membawa alat setrum. Selain itu Mbah Minto merasa jengkel lantaran sudah seringkali kemalingan peralatan dan ikan sebelumnya.

Mbah Minto yang hidup sebatang kara dan mengandalkan satu-satunya penghidupan dari menjaga kolam dan pekarangan itu, mengaku membacok pencuri lantaran sempat diserang menggunakan alat setrum. Meski akhirnya upaya tersebut gagal, karena tidak mengenai sasaran dan berakhir M kabur dengan luka bacok serius.

Sementara pihak kepolisian menerima adanya aduan masyarakat bahwa terdapat seorang pria dengan luka bacok di jalan, lalu dibawa ke rumah sakit, 7 September 2021. Kemudian berdasarkan informasi tersebut pihak kepolisian menindaklanjuti kasus penganiayaan tersebut dan mengamankan Mbah Minto.

"Ada seorang laki-laki yang ditemukan oleh warga yang mengalami luka bacok. Selanjutnya dibawa oleh masyarakat ke puskesmas, karena tidak sanggup menangani akhirnya dibawa ke rumah sakit. Selanjutnya dari warga yang menemukan tersebut melaporkan ke kepolisian. Jadi setelah itu maka dari Satreskrim Polres Demak melangkah mengecek korban di rumah sakit," kata Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono kepada wartawan di kantornya, Rabu (13/10/2021).

Budi menuturkan pihaknya kemudian melakukan penyelidikan dan mengamankan pelaku penganiayaan tersebut yang diketahui adalah Mbah Minto.

"Selanjutnya kita periksa. Memang benar kita melakukan penanganan terkait kasus penganiayaan tersebut dan sekarang sudah kita limpahkan tahap duanya ke kejaksaan," ujar Budi.

Kamis 7 Oktober 2021

Berkas kasus penganiayaan oleh Mbah Minto sudah lengkap di Kejaksaan Negeri Demak. Selanjutnya berkas tersebut dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Demak.

"Terkait perkara penganiayaan atas nama Kasmito sudah kita lakukan tahap dua, yang mana pada Kamis 7 Oktober 2021, di mana kita nyatakan berkas itu lengkap. Pada hari itu langsung kita lakukan tahap dua, kemudian nggak berapa lama sudah kita limpahkan ke Pengadilan Negeri Demak," kata Kasi Intel Kejari Demak Yulianto Aribowo di ruang kerjanya, Rabu (13/10/2021).

Selengkapnya di halaman selanjutnya...

Simak video 'Alasan Kakek Pembacok Pencuri di Demak Dituntut 2 Tahun Bui':

[Gambas:Video 20detik]