Banjir Rendam Permukiman di Pati Akibat Luapan Sungai Silugonggo

Arif Syaefudin - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 13:58 WIB
Ratusan rumah di  Desa Mintobasuki Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, terendam banjir, Selasa (30/11/2021).
Banjir merendam permukiman di Pati. (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Pati -

Permukiman warga di Desa Mintobasuki Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah terendam banjir hari ini. Ketinggian air mulai dari 20 sampai dengan 90 sentimeter (cm).

"Luapan Sungai Silugonggo yang menyebabkan rumah, sawah, pekarangan warga Desa Mintobasuki Kecamatan Gabus Kabupaten Pati terdampak banjir. Rumah terdampak sejumlah 145 rumah," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati Martinus Budi kepada wartawan, Selasa (30/11/2021).

Martinus mengungkap data terkini ada sebanyak 61 rumah yang terendam banjir. Selain itu puluhan hektare sawah serta pekarangan milik warga juga kebanjiran.

"Sawah padi muda, terendam 45 hektare, 20 sentimeter, sampai dengan 140 sentimeter. Tegal atau pekarangan 40 hektare setinggi 10 sentimeter sampai dengan 90 sentimeter. Areal tebu 25 hektare. Jalan desa 2,5 kilometer, dan rumah terendam 61 rumah," tutur Martinus.

Hingga saat ini tidak ada warga yang mengungsi akibat banjir tersebut. Martinus memperkirakan kerugian akibat banji mencapai ratusan juta rupiah akibat lahan sawah yang gagal panen.

"Keadaan sewaktu-waktu bisa berubah. Doanya bisa segera surut. Sehingga aktivitas warga bisa kembali normal," pungkasnya.

(sip/ams)