Banjir Surut, Warga Wonosoco Kudus Bersih-bersih

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 12:40 WIB
Warga Wonosoco, Undaan, Kudus gotong royong membersihkan sisa lumpur banjir bandang. Hujan deras mengakibatkan sungai di Wonosoco meluap dan menimbulkan banjir bandang, Senin (29/11/2021).
Warga Wonosoco, Undaan, Kudus gotong royong membersihkan sisa lumpur banjir bandang (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Banjir bandang yang menerjang Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sudah surut. Siang ini warga tampak mulai membersihkan sisa lumpur banjir bandang tadi malam.

Pantauan detikcom di lokasi, terlihat warga membersihkan sisa lumpur banjir bandang di rumahnya masing-masing. Tampak sejumlah relawan juga turut membantu warga membersihkan rumahnya.

Sementara itu, satu objek wisata di Desa Wonosoco juga sedang dibersihkan dari lumpur banjir bandang. Salah seorang warga yang rumahnya jebol diterjang banjir bandang mengatakan keluarganya kini mengungsi ke rumah saudaranya.

"Istri sama anak ini sedang ngungsi di tempat saudara," kata Samudi kepada detikcom saat ditemui di Desa Wonosoco, Selasa (30/11/2021).

Samudi mengatakan rumah miliknya mengalami rusak berat akibat diterjang banjir bandang. Dia menyebut perabotan rumahnya hilang terbawa arus banjir bandang.

"Alat dapur, kursi sempat terbawa. Dinding rumah juga jebol," ungkap Samudi.

Samudi menuturkan banjir bandang terjadi Senin (29/11) pukul 17.30 WIB. Banjir itu dipicu dari luapan sungai di desanya usai diguyur hujan deras.

"Sekitar 40 sentimeter. Melimpas tanggul air di atas. Posisi kejadian saya di rumah, sekitar setengah jam air banjir bandang baru surut," ujarnya.

Dia menerangkan banjir bandang kali lebih parah jika dibandingkan tahun lalu. Kegiatan bersih-bersih ini pun dibantu oleh relawan.

"Tadi bersih-bersih lumpur dibantu sama relawan. Cuma saya belum menerima bantuan," ungkap dia.

"Kejadian banjir ini terbilang parah. Kemarin tidak sampai masuk ke rumah," sambungnya.

Terpisah, Kasi Pengendali Kebencanaan BPBD Kudus, Wiyoto mengatakan kegiatan pagi ini membersihkan sisa lumpur di permukiman warga yang terdampak banjir bandang. Ada dua tangki air bersih yang digunakan untuk membersihkan sisa lumpur banjir.

"Untuk hari ini kita bersih-bersih, kita melihat apa yang diperlukan Wonosoco saat ini untuk mendukung percepatan pascabanjir bandang ini. Kita melihat apa saja yang diperlukan, ternyata untuk saat ini untuk bersih-bersih dulu," kata Wiyoto kepada detikcom saat ditemui di lokasi siang ini.

Dia menyebut ada dua rumah warga yang rusak berat dibersihkan. Wiyoto menerangkan bantuan lainnya masih belum diberikan.

"Dua rumah rusak belum, untuk kebutuhannya. Tapi dari kami sudah kirim logistik untuk kerja bakti untuk itu," jelasnya.

Selengkapnya di halaman berikut...