Medeni Bocah! Kobra Jawa Ukuran Jumbo Ditangkap di Juwiring Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 09:57 WIB
Ular kobran Jawa ditangkap di Klaten
(Foto: Dok Exalos Klaten)
Klaten -

Seekor ular kobra Jawa (naja sputarix) ditangkap di Tlogorandu, Juwiring, Klaten, Jateng. Ular berbisa ukuran besar tersebut membuat takut anak-anak yang melihat pertama kali.

"Yang lihat pertama itu anak-anak kecil yang sedang bermain lalu takut dan melapor," ungkap relawan Exotic Animal Lovers (Exalos) Kabupaten Klaten, Munir kepada detikcom, Selasa (30/11/2021) pagi.

Munir menuturkan, ular kobra itu posisinya berada di samping rumah warga. Ukurannya sudah cukup besar karena lebih dari satu meter.

"Ularnya sudah jumbo. Panjangnya lebih dari satu meter dengan jenis kobra Jawa atau naja sputarix," lanjut Munir.

Lokasi keberadaan ular, ujar Munir, berada di perkampungan padat penduduk. Tempatnya remang-remang dan tidak mudah terlihat.

"Lokasinya di perkampungan padat. Lokasi remang- remang dan untungnya tidak menggigit anak-anak di lokasi," papar Munir.

Evakuasi, kata Munir, dilakukan dua orang. Selesai evakuasi Senin (29/12) sekitar pukul 21.30 WIB dan ular dibawanya.

"Laporan sekitar pukul 20.00 WIB kita berdua ke lokasi. Bisa kita amankan sekitar 21.30 WIB dan rencananya kita lepas liarkan ke lokasi yang jauh dari permukiman," tambah Munir.

Ketua Exotic Animal Lovers (Exalos) Janu Wahyu Widodo menyatakan kobra Jawa merupakan ular yang sangat mudah beradaptasi. Baik itu siang atau malam.

"Mudah beradaptasi. Panjang bisa mencapai 1,5 meter warna coklat-hitam, postur tubuh pendek gemuk dan bila terprovokasi akan memipihkan rusuk membentuk tudung," jelas Janu kepada detikcom.

Kobra, jelas Janu, memiliki musim.Musim kawin antara bulan Mei-Agustus.

"Musim kawin antara Mei-Agustus. Kemudian hamil 3 bulan Agustus-Oktober dan menetas pada 3 bulan Oktober-Desember," terang Janu.

(mbr/mbr)