Banjir Bandang di Kudus Terjang 62 Rumah, Ada Dapur-Isinya Terbawa Arus

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 21:48 WIB
Rumah warga di Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kudus, yang terkena banjir bandang, Senin (29/11/2021).
Rumah warga di Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kudus, yang terkena banjir bandang, Senin (29/11/2021). Foto: dok. BPBD Kudus
Kudus -

Banjir bandang terjadi di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Senin (29/11) sore. BPBD Kudus mencatat puluhan rumah terdampak, dua di antaranya roboh.

"Akibatnya kerusakan rumah dan masuknya lumpur di 62 rumah warga dan satu tempat wisata," kata Kepala Pelaksana BPBD Kudus Budi Waluyo saat dimintai konfirmasi detikcom lewat pesan singkat, Senin (29/11/2021) malam.

Budi mencatat selain puluhan rumah yang terkena banjir bandang, ada dua rumah milik warga yang roboh. Bahkan ada satu rumah beserta isinya dan pondasi terbawa banjir bandang.

"Kerusakan dua rumah. Milik warga atas nama Yayuk Iriani mengalami rusak berat dan rumah bapak Sumarno dapur rumah beserta isinya dan pondasi rumah yang terbawa arus," ujar dia.

Menurutnya, banjir bandang dipicu hujan deras di wilayah Desa Wonosoco. Akibatnya limpasan sungai melebihi kapasitas dan meluap ke permukiman warga. Ketinggian genangan banjir mencapai 50 sentimeter.

"Hujan deras pukul 17.25 WIB di Desa Wonosoco tepatnya pegunungan Kendeng dan limpasan aliran sungai yang melebihi kapasitas saluran sehingga menjadikan banjir bandang di wilayah Desa Wonosoco," ujar Budi.

Rumah warga di Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kudus, yang terkena banjir bandang, Senin (29/11/2021).Rumah warga di Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kudus, yang terkena banjir bandang, Senin (29/11/2021). Foto: dok. BPBD Kudus

Budi mengatakan genangan banjir bandang malam ini sudah surut. Warga yang terdampak pun mulai membersihkan lumpur sisa banjir bandang.

"Kondisi air saat ini sudah surut, upaya pembersihan wilayah terdampak oleh relawan gabungan menggunakan truk tangki," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang menerjang di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sore ini. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Tidak ada korban jiwa," kata Camat Undaan Rifai saat dimintai konfirmasi lewat pesan singkat, Senin (29/11).

Rifai menerangkan banjir terjadi pukul 17.30 WIB. Banjir bandang terjadi karena hujan deras yang terjadi dan menyebabkan sungai di desa setempat meluap ke permukiman warga.

Menurutnya saat ini genangan banjir sudah surut. Warga tinggal membersihkan lumpur sisa banjir banjir bandang.

"Sekarang air sudah hilang tinggal lumpur, sebisanya dibersihkan malam ini. Bila belum selesai dilanjutkan besok," ungkap Rifai.

(rih/rih)