Pimpinan Menwa Indonesia Datangi Polresta Solo, Ada Apa?

Ari Purnomo - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 18:00 WIB
Kepala Staf Komnas Menwa Indonesia M. Arwani Denny mendatangi Polresta Solo, Kamis (28/10/2021). Kunjungan Denny dalam rangka mendukung polisi mengusut kasus meninggalnya peserta Diksar Menwa UNS Gilang Endi Saputra (21).
Kepala Staf Komnas Menwa Indonesia M. Arwani Denny mendatangi Polresta Solo (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Pimpinan Menwa Indonesia mendatangi kantor Polresta Solo hari ini. Mereka mengaku memberikan dukungan untuk mengusut kasus meninggalnya peserta Diksar Menwa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Gilang Endi Saputra (21).

Kepala Staf Komnas Menwa Indonesia M Arwani Denny sempat bertemu dan beraudiensi dengan Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak di Mako 1 Polresta Solo. Denny pun menyampaikan dukungannya untuk mengusut kasus ini.

"Kita dari Komnas Menwa Indonesia, hari ini berkoordinasi dengan Pak Kapolres dalam rangka memberikan dukungan kepada Polres terkait pengusutan kasus yang menimpa adik kita, Gilang, dari mahasiswa UNS," terang Denny kepada wartawan ditemui di Mapolresta Solo, Kamis (28/10/2021).

Denny mengatakan selain memberikan dukungan, pihaknya juga mengumpulkan keterangan dari tim Diksar Menwa UNS Solo terkait peristiwa meninggalnya Gilang pada Minggu (24/10) lalu.

"Hari ini kami diinstruksikan pimpinan untuk mengumpulkan bahan keterangan sekaligus mendukung tugas-tugas kepolisian agar kasus ini bisa segera terungkap. Intinya seperti itu," urainya.

Dia tak mau berkomentar ketika ditanya terkait peristiwa yang mengakibatkan meninggalnya Gilang. Menurutnya keterangan terkait peristiwa yang terjadi saat Diksar Menwa UNS merupakan kewenangan polisi.

"Kalau keterangan itu saya kira kita satu pintu dari Pak Kapolres untuk menyampaikannya. Sampai hari ini kan info dari Pak Kapolres," tuturnya.

"Hasil autopsi belum keluar dan masih dalam proses penyidikan. Jadi kami tidak berkompeten untuk memberikan statemen apapun terkait proses penyidikan," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak, mengatakan kedatangan wakil dari Menwa pusat merupakan bentuk dukungan bagi polisi.

"Memberikan dukungan kepada penyidik Polresta Solo untuk mengungkap kasus ini secara transparan, akuntabel dan juga profesional," ujar Ade.

Lihat juga video 'Mahasiswa UNS Meninggal saat Diksar Menwa, Polisi Bakal Periksa Panitia':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)