Peserta Diksar Tewas, Markas Menwa UNS Ditempeli Poster Kecaman

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 16:26 WIB
Markas Menwa UNS ditempeli poster-poster kecaman, Solo, Kamis (28/10/2021).
Markas Menwa UNS ditempeli poster-poster kecaman, Solo, Kamis (28/10/2021). (Foto: Agung Mardika/detikcom)
Solo -

Korps Mahasiswa Siaga atau Resimen Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (Menwa UNS) Solo mendapat kecaman usai meninggalnya seorang peserta diksar yakni Gilang Endi Saputra (21). Bahkan markas Menwa UNS kini ditempeli poster berisi pesan kecaman.

Pantauan detikcom, Kamis (28/10/2021) siang, poster-poster itu ditempel di bagian pintu. Beberapa poster juga ditempel di dinding.

Poster itu antara lain bertuliskan 'Kalian Gagal Untuk Gagah, Bubarkan UKM Pembunuh', 'Menwa Calo Surga', 'Kapan Keluar Goa', 'Justice for Gilang', dan 'Jaga Kewarasan, Jangan Tiru Menwa'.

Untuk diketahui, markas Menwa UNS sudah ditutup setelah dilakukan pemeriksaan oleh kepolisian. Sejak kasus mencuat, pimpinan Menwa pun tidak dapat dihubungi.

Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Sutanto, mengaku akan mencari tahu siapa yang menempel poster-poster itu. Namun dia mengatakan ingin meredam suasana yang masih emosional saat ini.

"Nanti kita lihat, siapa yang nempel. Kita coba berdamai dulu dengan keadaan. Mungkin semua emosi marah," kata Sutanto saat dihubungi wartawan, Kamis (28/10/2021).

Pihaknya juga akan menemui BEM untuk mendapatkan informasi yang beredar di kalangan mahasiswa. "Kita mau bertemu dengan BEM biar sama-sama adem. Kita ingin ngobrol dengan semuanya agar tahu yang berkembang semuanya," lanjut dia.

Diberitakan sebelumnya, Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak menyampaikan temuan baru terkait kasus meninggalnya mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Gilang Endi Saputra (21). Dari hasil pemeriksaan saksi dan barang bukti, Gilang diduga mengalami kekerasan selama mengikuti Diksar Menwa UNS.

"Ada dugaan, tindak kekerasan yang terjadi selama pendidikan dan pelatihan berlangsung," ujar Ade kepada wartawan usai berziarah di makam korban, di Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (28/10).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...

Saksikan video 'Buntut Meninggalnya Mahasiswa Gilang, Semua UKM UNS Disetop!':

[Gambas:Video 20detik]