Ancaman Sanksi Diksar Maut UNS: Menwa Dibubarkan-Mahasiswa DO

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 17:09 WIB
Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Sutanto, Senin (25/10/2021).
Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Sutanto, Senin (25/10/2021). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo -

Gilang Endi Saputra (21) tewas saat mengikuti Diksar Korps Mahasiswa Siaga atau Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Pihak kampus menegaskan ancaman sanksi berat bakal dijatuhkan, mulai dari peringatan hingga pembubaran organisasi, jika terbukti pidana.

Aturan tersebut tertulis dalam Peraturan Rektor UNS nomor 26 tahun 2020. Regulasi itu mengatur tentang organisasi kemahasiswaan UNS.

Pada pasal 15 menyebutkan sanksi diberikan kepada organisasi yang tidak sesuai dengan peraturan. Namun kampus harus melalui tahap evaluasi terlebih dahulu sebelum menentukan sanksi.

"Mekanisme dilakukan oleh bidang kemahasiswaan dan alumni berdasarkan ketentuan yang berlaku. Jenis sanksi bisa berupa peringatan, pembekuan atau pembubaran organisasi kemahasiswaan. Ada 3 sanksi itu," kata Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Sutanto, Rabu (27/10/2021).

Kemudian terkait ancaman sanksi untuk panitia diksar menwa, Sutanto mengatakan akan melihat hasil proses hukum yang berjalan. Namun jika terbukti melakukan pidana, maka mahasiswa yang bersangkutan akan diberhentikan atau drop out (DO).

"Kalau kepada mahasiswanya sudah jelas. Kalau melakukan tindak pidana kita punya aturan yang jelas, ya kita berhentikan sebagai mahasiswa UNS," ujarnya.

Saat ini UNS sudah membuat tim evaluasi yang menginvestigasi kasus tersebut. Anggota tim antara lain berasal dari fakultas hukum, kedokteran, pembina ormawa hingga tim administrasi.

"Tim ini mulai bekerja siang ini, sudah mengumpulkan kronologi dan data-data itu, untuk kemudian segera akan kita putuskan. Paling tidak mulai hari ini kegiatan di Menwa sudah kita bekukan untuk sementara," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, mahasiswa D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja UNS, Gilang Endi Saputra (21), meninggal dalam Diksar Menwa, Minggu (24/10). Polisi menemukan adanya tanda kekerasan pada jenazah. Namun polisi masih terus melakukan penyelidikan dan penyidikan.

Simak video 'Mahasiswa UNS Meninggal saat Diksar Menwa, Polisi Temukan Sejumlah Luka!':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)