Diksar Menwa UNS yang Tewaskan Gilang Tanpa Rekomendasi Satgas COVID-19 

Ari Purnomo - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 21:15 WIB
Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak
Kapolresta Solo Ade Safri Simanjuntak. (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Polresta Solo mengungkap fakta terkait dengan standar operasional prosedur (SOP) penyelenggaraan rappelling Diksar Menwa UNS di bawah jembatan Jurug. Diketahui, seorang peserta diksar menwa, Gilang Endi Saputra (21), meninggal dunia.

Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak menjelaskan, kegiatan di luar kampus di tengah pandemi COVID-19 tersebut tanpa pemberitahuan pihak kepolisian.

"Untuk kegiatan di luar kampus terutama di bawah jembatan Jurug memang tidak ada pemberitahuan ke pihak Polri, baik Polsek maupun Polres," kata Ade kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Ade menambahkan bahwa kegiatan di tengah pandemi selayaknya sudah mengantongi izin dari Satgas Gugus Tugas COVID-19. Mengingat kegiatan tersebut diadakan di tengah pandemi COVID-19.

"Terkait dengan giat yang dimaksud di tengah pandemi maka kegiatan yang dilakukan salah satunya wajib mengantongi rekomendasi satgas (COVID-19)," ujarnya.

"Kami tegaskan kembali bahwa tidak ada pemberitahuan kegiatan yang dimaksud yang dilaksanakan di luar kampus," pungkasnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan Diksar Menwa UNS diadakan di sejumlah lokasi. Baik di dalam kampus dan juga di luar kampus.

Untuk kegiatan di luar kampus diadakan di kawasan Bengawan Solo, tepatnya di bawah jembatan Jurug pada Minggu (24/10).

Dalam kegiatan tersebut, seorang peserta Gilang Endi Saputra sempat mengeluhkan sakit. Hanya saja, saat mengalami kesakitan Gilang tidak segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan.

Gilang dibawa ke markas Menwa untuk ditangani oleh tim kesehatan. Korban baru dibawa ke RS dr Moewardi saat kondisinya semakin memburuk sekira pukul 21.50 WIB.

Karena kondisinya sudah memburuk, nyawa korban tidak bisa diselamatkan. Gilang dinyatakan meninggal dunia pukul 22.02 WIB.

Simak video 'Buntut Meninggalnya Mahasiswa Gilang, Semua UKM UNS Disetop!':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/rih)