Mahasiswa Gilang Meninggal, Diksar Menwa UNS Solo Dihentikan

Andika Tarmy - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 19:34 WIB
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Ahmad Yunus
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Ahmad Yunus (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Karanganyar -

Pihak Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menghentikan sementara kegiatan pendidikan dasar resimen mahasiswa (Diksar Menwa), usai Gilang Endi Saputra (21) meninggal dunia. UNS Solo saat ini tengah mengevaluasi seluruh rangkaian kegiatan tersebut.

"Sementara kita hentikan terutama yang menyangkut kegiatan-kegiatan fisik di lapangan. (Tidak hanya Menwa) Untuk sementara waktu ini kita hentikan semuanya," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Ahmad Yunus, saat ditemui di TPU Keti, Desa Dayu, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Senin (25/10/2021).

Ahmad menyebut penghentian kegiatan ini bersifat sementara. Momentum ini dilakukan untuk melakukan evaluasi secara internal.

"Tidak sampai dibekukan, kita hentikan sementara. Kita evaluasi semuanya apa yang kurang harus kita lengkapi," jelasnya.

Ahmad memastikan kegiatan Diksar Menwa tersebut digelar atas sepengetahuan pihak kampus. Termasuk kegiatan yang dilakukan di wilayah Jurug, yang berada di luar wilayah kampus UNS.

"Pelatihan yang diadakan oleh Menwa, kita sudah memberikan izin kegiatan itu di kampus. Yang di Jurug itu salah satu rangkaian yang ada di kampus, karena tidak jauh makanya kita izinkan," terangnya.

Pihak kampus, terang Ahmad, telah memberikan pendampingan kepada keluarga hingga proses autopsi. Pihak UNS juga menanggung seluruh biaya akibat peristiwa ini.

"Tadi atas izin keluarga kita sudah melakukan autopsi, kita juga ikut menunggui, dan semua biaya tanggung jawab UNS," kata dia.

Pihaknya kini tengah menunggu hasil autopsi untuk mengetahui penyebab pasti kematian korban Gilang. UNS menyerahkan seluruh proses kepada aparat kepolisian.

"Kita masih tunggu hasil otopsi. Mudah-mudahan segera bisa terungkap apa yang sesungguhnya menyebabkan terjadinya meninggalnya korban. UNS menyerahkan sepenuhnya penyelidikan kepada pihak kepolisian untuk mengidentifikasi," pungkasnya.

Simak video 'Mahasiswa UNS Meninggal saat Diksar Menwa, Polisi Bakal Periksa Panitia':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/mbr)