Jenazah Gilang, Mahasiswa UNS Solo yang Meninggal Usai Diksar Dimakamkan

Andika Tarmy - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 18:31 WIB
Mahasiswa UNS Solo Gilang Endi Saputra (31) yang meninggal usai diksar menwa dimakamkan di Karanganyar
Mahasiswa UNS Solo Gilang Endi Saputra (31) yang meninggal usai diksar menwa dimakamkan di Karanganyar (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Karanganyar -

Jenazah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Gilang Endi Saputra (21), dimakamkan sore ini. Pemakaman Gilang diiringi isak tangis kerabat yang sudah menunggu di rumah duka sejak pagi hari.

Jenazah Gilang tiba dari RS dr Moewardi Solo, sekitar pukul 16.00 WIB. Dari rumah sakit, jenazah diangkut menggunakan ambulans.

Setibanya jenazah di rumah duka, tangis kerabat pun pecah. Tampak salah satu kerabat harus digendong memasuki rumah akibat lemas.

Peti jenazah kemudian dibawa masuk ke dalam rumah untuk disalatkan. Prosesi dilanjutkan dengan ucapan belasungkawa dari pihak desa dan perwakilan dari Universitas Sebelas Maret (UNS) yakni Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Ahmad Yunus.

Pukul 16.30 WIB, jenazah Gilang diusung ke TPU Dusun Keti, Desa Dayu, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, yang berjarak sekitar 300 meter dari rumah duka.

Ditemui usai pemakaman, ayah korban, Sunardi, menyebut proses hukum terkait meninggalnya Gilang masih terus berlanjut. Hal tersebut dikehendaki keluarga untuk mengetahui secara pasti penyebab kematian korban.

"Bukannya mau cari kesalahan siapa pun ya, tapi supaya tahu meninggalnya almarhum ini seperti apa. Mudah-mudahan tidak ada hal-hal yang lain," ujar Sunardi, saat ditemui detikcom di lokasi permakaman, Karanganyar, Senin (25/10).

Ditemui secara terpisah, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS Prof Ahmad Yunus juga menyerahkan penyelidikan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. Pihaknya berharap penyebab sesungguhnya kematian Gilang bisa terungkap.

"Kita tunggu hasil autopsi mudah-mudahan segera bisa terungkap apa yang sesungguhnya menyebabkan terjadinya meninggalnya korban. UNS menyerahkan sepenuhnya penyelidikan kepada pihak kepolisian untuk mengidentifikasi," kata Yunus.

Simak video 'Mahasiswa UNS Meninggal saat Diksar Menwa, Polisi Bakal Periksa Panitia':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)