7 Bunga Bangkai Suweg Tumbuh di Pekarangan Warga Boyolali

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 21:39 WIB
Seorang warga melihat bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan rumah di Boyolali, Kamis (21/10/2021).
Seorang warga melihat bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan rumah di Boyolali, Kamis (21/10/2021). (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Tujuh bunga bangkai tumbuh di kebun pekarangan rumah Muhammad Toha, warga Dukuh Turunan RT 09/02, Desa Ringinlarik, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Bunga bangkai ini oleh warga juga disebut bunga suweg.

"Bunga ini muncul sudah sejak sekitar seminggu lalu," kata Fatayasin (24), anak Toha, kepada wartawan, Kamis (21/10/2021).

Ketujuh bunga bangkai itu tumbuh terpencar. Dua di antaranya di sebelah barat dan timur rumah. Sedangkan lima lainnya tumbuh di kebun belakang rumah. Dua bunga sudah mengering dan satu belum mekar serta empat lainnya sudah mekar, bahkan mulai mengering.

Fatayasin mengungkapkan kemunculan bunga bangkai di pekarangan rumah itu bukan hal baru bagi keluarganya. Karena hampir setiap tahun selalu muncul bunga tersebut sehingga sudah tidak lagi dianggap aneh.

"Muncul biasanya menjelang musim hujan," jelasnya.

Seorang warga melihat bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan rumah di Boyolali, Kamis (21/10/2021).Seorang warga melihat bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan rumah di Boyolali, Kamis (21/10/2021). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Oleh warga bunga tersebut biasa disebut bunga suweg. Tanaman sejenis umbi-umbian.

Munculnya bunga ini pun menarik perhatian warga. Sejumlah warga yang penasaran mendatangi rumah Toha untuk melihat langsung mekarnya bunga yang tak tahan lama tersebut.

Lihat juga video 'Fenomena Langka Mekarnya Bunga Bangkai di Kebun Raya Cibodas':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)