Seratusan Rumah 4 Desa di Kudus Rusak Diterjang Puting Beliung

Dian Utoro Aji - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 20:30 WIB
Puting beliung landa wilayah Kecamatan Undaan, Kudus, Kamis (21/10/2021).
Puting beliung landa wilayah Kecamatan Undaan, Kudus, Kamis (21/10/2021). (Foto: dok. BPBD Kudus)
Kudus -

Seratusan rumah terdampak puting beliung di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Ada empat desa yang terdampak puting beliung.

"Ada 103 rumah terdampak angin puting beliung di empat desa, Glagahwaru, Medini, Lambangan, dan Kalirejo," kata Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kudus Dwi Yusie Sasepti kepada wartawan melalui pesan singkat, Kamis (21/10/2021).

Yusie mengatakan kejadian hujan lebat disertai angin kencang melanda di sebagian wilayah Kecamatan Undaan pada pukul 16.00 WIB. Akibatnya ratusan rumah warga mengalami kerusakan.

"Kerusakan di bagian atap rumah dari kategori ringan, sedang sampai dengan berat," jelas Yusie.

Menurutnya desa paling parah terdampak angin putih beliung ada di Desa Glagahwaru. Di Glagahwaru ada 82 rumah terdampak puting beliung, lalu Medini ada dua rumah, Lambangan ada tiga rumah, dan di Kalirejo ada 19 rumah.

"Penanganan darurat pembenahan genting warga dan akan dilanjutkan karya bakti TNI/polisi serta warga sekitar besok," ungkap dia.

Terpisah Kepala Desa Medini, Agus Giyanto, mengatakan hujan lebat disertai puting beliung terjadi di wilayah Kecamatan Undaan. Kejadian terjadi pada pukul 16.00 WIB.

"Kejadian sekitar 16.00 WIB tadi sore hujan deras disertai angin. Kalau di desa saya ada dua rumah yang rusak parah, karena memang kondisi rumah yang sudah tua. Selain itu atap genting yang tersapu angin," jelas Giyanto saat dihubungi detikcom lewat sambungan telepon malam ini.

(rih/mbr)