Bejat! Pria di Gunungkidul Ini Cabuli Anak Tiri hingga Hamil

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 18:59 WIB
Ilustrasi Pemerkosaan Anak
Ilustrasi pencabulan (Foto: Zaki Alfarabi/detikcom)
Gunungkidul -

Seorang pria di Gunungkidul berinisial AD (38) tega cabuli anak tirinya yang berusia 16 tahun hingga hamil. AD kini sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Ryan Permana Putra mengatakan bahwa penetapan AD sebagai tersangka berawal dari tindak lanjut laporan terkait dugaan pencabulan pada September lalu. Dari hasil penyelidikan, terungkap AD sebagai pelaku.

"Untuk yang bersangkutan (AD) sudah kami tetapkan sebagai tersangka sejak beberapa hari yang lalu," kata Ryan saat dihubungi wartawan, Kamis (21/10/2021).

"Saat ini belum kami tahan, tapi tersangka kooperatif dalam upaya penyelesaian kasusnya," ucapnya.

Terkait modus dan alasan AD melakukan tindakan bejat itu, Ryan mengaku masih melakukan pendalaman. Kendati demikian Ryan menyebut AD terancam mendekam di bui untuk waktu yang tidak sebentar.

"Masih dalam proses, yang jelas ancaman lebih dari tujuh tahun," ujarnya.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Gunungkidul Iptu Suryanto mengungkapkan bahwa saat ini kondisi korban tengah hamil akibat ulah ayah tirinya itu.

"Menurut informasi demikian (korban hamil akibat dicabuli AD)," kata Suryanto.

Dihubungi terpisah, Kepala Seksi Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Fajar Nugroho, mengatakan hingga kini pihaknya belum bisa menemui korban.

"Sudah berkoordinasi dengan kalurahan setempat, tapi belum berhasil," kata Fajar.

Padahal, pihaknya akan memberikan pendampingan untuk menghilangkan traumatis dan memulihkan kondisi kejiwaan korban. Selain itu, pihaknya juga hendak memastikan kondisi bayi yang dikandung korban.

"Hingga sekarang masih melakukan pendekatan agar mau menerima bimbingan konseling yang kami berikan. Selain bimbingan konseling kami juga perlu memastikan bayi yang dikandung dalam kondisi sehat," imbuhnya.

(rih/rih)