Update Klaster Sekolah di Solo: Total 5 SD Ditutup-47 Orang Kena Corona

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 19:43 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Foto: Edi Wahyono)
Solo -

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengumumkan data terbaru kasus COVID-19 di sejumlah sekolah dasar (SD). Total ada lima sekolah yang ditutup dengan jumlah 47 orang terpapar Corona.

Ketua Pelaksana Harian Satgas COVID-19 Solo, Ahyani, menyebut kelima sekolah itu adalah SD Kristen Manahan, SDN Semanggi Lor, SDN Mangkubumen Kidul, SD Al-Islam 2 Jamsaren, dan SDN Danukusuman.

"Jumlah yang terpapar totalnya 47 orang. Rinciannya, 41 orang adalah siswa, 6 orang adalah guru," kata Ahyani di Balai Kota Solo, Senin (18/10/2021).

Dari ke-47 siswa itu, 27 siswa dan lima guru di antaranya berasal dari SD Kristen Manahan, satu orang siswa SDN Mangkubumen Kidul, dan 10 siswa dan satu guru SDN Danukusuman. Lalu satu siswa SD Al Islam 2 Jamsaren dan dua siswa SDN Semanggi Lor.

"Lama penutupannnya berbeda-beda. SD Kristen Manahan dan SDN Danukusuman ditutup satu bulan, lainnya dua minggu," ujar dia.

Adapun testing dilakukan dengan mengambil sampel di seluruh sekolah secara bergantian. Total ada 29 sekolah yang sudah diambil sampelnya, mulai dari SD, SMP dan SMA.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan sekolah yang ditutup tetap akan melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sedangkan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah lain tetap berlangsung.

"Orang tua murid nggak perlu khawatir. Yang kita tutup hanya yang ada kasus positif saja, yang lain tetap PTM," kata Gibran.

Dia juga mengingatkan agar siswa dan guru tetap disiplin protokol kesehatan. Usai PTM selesai, siswa juga diminta langsung pulang.

"Guru harus selalu pakai masker. Siswa setelah sekolah langsung pulang. Kemarin saya lihat malah ada yang jajan di es kapal. Sama-sama menjaga lah, sudah turun ke level 2, jangan sampai naik lagi," pesan Gibran.

Tonton video 'Update Corona RI 18 Oktober: Bertambah 626 Kasus, 1.593 Sembuh':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)