Instagram Pemkot Solo Diretas, Unggah Foto dan Story Meme-Iklan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 08:32 WIB
Solo -

Akun Instagram resmi Pemkot Solo, @pemkot_solo diretas sejak tadi malam. Terlihat peretas mengunggah sejumlah foto dan story meme maupun iklan internet sekitar pukul 23.00 hingga 01.00 WIB.

Salah satunya muncul gambar aktor sekaligus pegulat Dwayne Johnson alias The Rock dengan keterangan "sus". Di gambar lain ada buah apel berwajah sinis.

Ada juga video iklan penyedia internet Indihome yang diunggah di story Instagram. Unggahan lainnya berupa video-video lucu, seperti orang terjatuh saat bermain papan seluncur.

Tidak jelas siapa yang meretas akun Instagram Pemkot Solo. Namun di beberapa unggahan terdapat tulisan @chinahackermemes.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Solo, Wahyu Kristina, membenarkan akun Instagram Pemkot Solo sedang diretas. Saat ini pihaknya sedang melakukan pemulihan.

"Akun @pemkot_solo saat ini sedang mengalami peretasan dan sedang dalam proses pemulihan," kata Kristina melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/10/2021).

Menurutnya, peretasan sudah terjadi sejak Jumat (8/10) sore dan sejak berita ini dibuat akun Instagram Pemkot Solo tersebut masih belum pulih. Email pada akun Instagram tersebut sudah diganti oleh peretas.

"Kronologi sejak Jumat, 8 Oktober 2021 pukul 16.29 akun ig pemkot_solo terkena hack dan diganti emailnya oleh seseorang sehingga admin resmi sejak saat itu tidak dapat login," ujarnya.

Akun Instagram Pemkot Solo @pemkot_solo diretas dan menayangkan meme hingga iklan internet.Akun Instagram Pemkot Solo @pemkot_solo diretas dan menayangkan meme hingga iklan internet. Foto: tangkapan layar IG Pemkot Solo yang diretas

Selanjutnya, Pemkot Solo telah melaporkan kejadian tersebut kepada Facebook. Pihaknya juga meminta maaf atas kejadian tersebut.

"Saat ini kami sedang memproses laporan ke Facebook selaku pemilik Instagram. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," pungkasnya.

(bai/ams)