Brebes Turun Lagi ke PPKM-3, Ini Pelonggaran yang Kembali Dilakukan

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 16:30 WIB
Bupati Brebes, Idza Priyanti.
Idza Priyanti (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Kabupaten Brebes, Jateng, kembali ke PPKM Level 3 setelah sepekan kemarin di level 4. Beberapa kegiatan yang semula dilarang, kini akan segera diaktifkan. Namun beberapa hal tetap harus menunggu kondisi lebih baik.

"Besok akan dimulai lagi PTM (pembelajaran tatap muka) di seluruh kabupaten dan (pembukaan) untuk tempat usaha," demikian disampaikan Bupati Brebes, Idza Priyanti, usai rapat di pendopo, Selasa (21/9/2021).

Namun demikian tak semua kegiatan akan langsung dilonggarkan karena haris mematuhi aturan PPKM. "Untuk destinasi wisata karena harus level 2 jadi belum bisa dibuka," lanjut Idza.

Idza mengakui kondisi di Brebes memang belum sepenuhnya membaik karena hingga saat ini baru 20 persen dari jumlah penduduk yg menjadi target vaksin yakni 1,5 juta orang. Untuk masuk PPKM level 2, capaian vaksin minimal harus 50 persen dan vaksin lansia minimal 40 persen.

Soal rendahnya capaian vaksinasi di Brebes, Idza mengaku terkendala ketersediaan vaksin. Pasokan yang diterima tidak sebanding dengan banyaknya jumlah warga yang menjadi target vaksin.

"Kita masih di bawah 50 persen, tepatnya di angka 20 persen. Maka ini yang akan kita dorong bersama, bagaimana percepatan vaksinasi untuk masyarakat. Soal ketersediaan vaksin apakah cukup apa tidak, ini yang akan kita minta ke pusat agar bisa tercukupi," jelasnya.

Seperti diketahui pada masa perpanjangan PPKM 13-20 September 2021, Brebes yang semula PPKM Level 3 naik menjadi PPKM Level 4. Kondisi itu menjadikan Brebes menjadi satu-satunya daerah di Jateng yang harus menjalankan PPKM Level 4 selama sepekan lalu hingga akhirnya turun menjadi Level 3 hari ini.

Simak juga video 'Luhut: Mohon Pengertian, Kebijakan Pandemi Tak Diubah Drastis':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/sip)