Kondisi Terkini 9 Orang Sekeluarga yang Viral Tidur di Kolong Angkringan

Ari Purnomo - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 15:47 WIB
Cahyo dan Wiwin terpaksa mengajak 9 anaknya tidur di warung hik miliknya karena diusir dari kontrakan.
Kondisi saat Cahyo dan Wiwin masih mengajak tujuh anaknya tinggal di warung hik atau angkringan miliknya. (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Sukoharjo -

Beberapa hari lalu kisah hidup pasangan suami istri Cahyo Yulianto dan Wiwin Hariyati viral lantaran mengajak tujuh anaknya tidur di warung wedangan atau angkringan yang ada di Jalan Solo-Semarang, Kartasura. Seperti apa kondisi mereka saat ini?

Sejak ramai diberitakan, banyak bantuan yang datang dari berbagai pihak. Mulai dari uang, makanan hingga kebutuhan sehari-hari.

Tampak suasana yang berbeda di warung angkringan Cahyo yang ada di depan SMPN 3 Kartasura dibanding empat hari lalu. Kali ini tidak banyak anak-anak Cahyo yang ikut berjualan. Hanya ada tiga anak yang masih ikut berjualan.

Selebihnya sudah tinggal di rumah kontrakan baru yang berlokasi cukup dekat dari tempat Cahyo berjualan.

"Anak-anak sebagian sudah tinggal di kontrakan, kemarin dikontrakkan (oleh sebuah yayasan)," kata Wiwin kepada wartawan, Selasa (21/9/2021).

"Kontrakannya di Ngemplak, Kartasura paling lima menit dari sini," ucapnya.

Yayasan tersebut, kata Wiwin membiayai kontrak rumah untuk keluarganya selama satu tahun. Dengan begitu, Cahyo dan Wiwim pun tidak perlu bingung memikirkan sewa rumah setiap bulannya, setidaknya hingga satu tahun ke depan.

"Sudah ditempati sejak empat hari lalu," tutur Wiwin.

Sebelumnya Cahyo dan Wiwin juga sempat didatangi oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani. Etik menawarkan sejumlah bantuan, mulai dari tempat tinggal di Rusun, permodalan hingga pendidikan untuk anak-anaknya.

Namun Wiwin mengaku masih mempertimbangkan tawaran tersebut. Terlebih, Rusun yang akan ditempati nantinya jauh dari tempat dia berjualan saat ini yakni di Rusun Joho, Sukoharjo.

"Ibu Bupati menawarkan kami untuk pindah ke Rusunawa, agar saya tidak bingung lagi mikir rumah. Selain itu juga akan diberikan modal," ungkap dia.

"Saya belum mengiyakan, karena berpikir jika di sini ditinggal berarti saya harus mulai lagi dari nol," sambungnya.

Padahal, lanjut Wiwin, dia sudah berjualan di lokasi saat ini sudah enam tahun. Dan selama ini dirinya bersama sang suami sudah berjuang agar mata pencahariannya itu bisa berkembang dan menghidupi keluarganya.

"Sudah enam tahun jualan di sini, perjuangannya seperti apa tapi juga masih seperti ini," tutup dia.

Simak juga video 'Tak Bisa Bayar Sewa Kontrakan, Pasutri Ajak 8 anaknya Tinggal di Lapak Dagangan':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)