Terima Rp 1,8 M dari Proyek Tol, Miliarder Boyolali Ini Pilih Beli Sawah

Ragil Ajiyanto - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 17:37 WIB
Boyolali -

Sejumlah warga yang terdampak proyek Tol Yogya-Solo di Boyolali juga mendadak menjadi miliarder baru. Salah satunya Fajar Nugroho yang menerima ganti rugi senilai Rp 1,8 miliar.

"Untuk beli sawah lagi," kata Fajar Nugroho, ditemui saat mengantri pembayaran ganti kerugian dan pelepasan hak pengadaan tanah jalan Tol Kulon Progo-Yogyakarta-Solo, di Balai Desa Gowokajen, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Senin (20/9/2021).

Warga Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit ini mengaku mendapatkan ganti rugi karena sawahnya terdampak proyek tol. "Yang kena sawah sekitar 1.700 m2. Mendapat ganti rugi Rp 1,8 miliar," terangnya.

Fajar mengaku tak tertarik untuk membeli mobil. Karyawan swasta pabrik ini mengaku mantap membeli sawah.

"Nggak. (beli) Sawah saja. Buat tabungan," ucap dia.

Fajar mengaku sudah memiliki pandangan sawah yang akan dibelinya. Lokasinya masih di daerah Desa Guwokajen.

"Sudah ada pandangan (sawah yang akan dibeli). Daerah sini juga," terang Fajar.

Terpisah, Kepala Seksi Pengadaan dan Pengembangan Pertanahan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Boyolali, Djarot Sucahyo, mengatakan pembayaran ganti kerugian proyek jalan Tol Yogya-Solo di Desa Guwokajen hari ini diberikan untuk 46 bidang. Kemudian dilanjutkan besok pagi untuk pembayaran 24 bidang di desa yang sama.

"Saat ini kita agendakan 46 bidang untuk Desa Guwokajen dan besok pagi 24 bidang. Jadi ada 70 bidang," kata Djarot Sucahyo.

Progres pembebasan lahan untuk jalan Tol Yogya-Solo di wilayah Boyolali saat ini mencapai sekitar 60 persen. Dari 907 bidang yang terkena proyek jalan tol ini, yang sudah dibebaskan sebanyak 553 bidang.

"Dan itu akan kita push terus karena saat ini kita sudah musyawarah. Kesepakatan musyawarah telah terjadi di Desa Jatirejo dan Kateguhan (Kecamatan Sawit)," imbuh dia.

(ams/sip)