Polisi Cek Air Saluran Irigasi di Klaten Berubah Merah Darah, Ini Temuannya

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 20:01 WIB
Saluran irigasi di Klaten jadi merah darah, Kamis (16/9/2021).
Saluran irigasi di Klaten jadi merah darah, Kamis (16/9/2021). Foto: Tangkapan layar media sosial
Klaten -

Warga dikejutkan dengan warna air di saluran irigasi Desa Bulan dan Ngreden, Kecamatan Wonosari, Klaten, yang mendadak berubah menjadi warna merah darah. Polisi pun mengecek ke lokasi saluran irigasi tersebut.

"Dari Polsek Wonosari tadi sore merapat ngecek ke TKP," tutur Kasi Humas Polres Klaten Iptu Abdillah saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (16/9/2021).

Abdillah menuturkan muspika beserta kades, Polsek Wonosari dan kanit provost mendatangi lokasi. Dari penelusuran, tim mendapatkan informasi dari petani jika sering melihat mobil boks.

"Sering melihat mobil boks yang tidak diketahui nomor polisinya telah membuang limbah pabrik di sungai tersebut. Saat kejadian kondisi air surut," lanjut Abdillah.

Abdillah menyebut limbah yang dibuang ke saluran irigasi yang surut itu menyebabkan air berwarna merah. Air juga menjadi keruh.

"Sehingga air sangat keruh dan terlihat merah keseluruhan. Sementara itu temuan di lokasi," terang Abdillah.

Sementara itu, Kades Ngreden, Kecamatan Wonosari, Sunarto, mengaku sudah mendapatkan laporan kejadian itu.

"Kita sudah terima laporan dari warga. Kejadian air jadi merah baru hari ini, tadi pagi saja tidak," kata Sunarto kepada wartawan di lokasi.

Menurut Sunarto, warna merah itu diduga dari home industry. Untuk itu, pemerintah desa akan berkoordinasi dengan desa tetangga.

"Kita akan koordinasi dengan desa-desa tetangga yang dilewati sungai, desa sekitar. Akan kita koordinasikan, akan kita kita tindak lanjuti, kita sampaikan Pak Camat," terang Sunarto.

Sebelumnya diberitakan, air yang mengalir di saluran irigasi antara Desa Bulan dan Ngreden, Kecamatan Wonosari, Klaten, Jawa Tengah, tiba-tiba berubah warnanya menjadi merah darah. Kejadian itu viral di media sosial sehingga membuat geger warga sekitar.

"Kejadiannya sekitar habis zuhur tadi sampai jam 13.00 WIB. Kejadiannya (air berubah merah) sekitar dua jam," ungkap pemilik warung di tepi saluran air itu, Slamet, kepada detikcom di Desa Bulan, Kecamatan Wonosari, Kamis (16/9).

Kejadian tersebut juga viral di medsos. Video air berubah merah darah itu diposting di grup Facebook info seputar Klaten pada Kamis (16/9) sekitar pukul 15.00 WIB.

(ams/rih)