Pembunuh 4 Orang Sekeluarga di Rembang Dituntut Hukuman Mati

Arif Syaefudin - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 14:41 WIB
Pembunuh 4 orang sekeluarga pemilik Padepokan Seni Ongko Joyo Rembang, Sumani (44), dituntut hukuman mati, Rabu (15/9/2021).
Pembunuh 4 orang sekeluarga pemilik Padepokan Seni Ongko Joyo Rembang, Sumani (44), dituntut hukuman mati, Rabu (15/9/2021). Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang -

Pembunuh 4 orang sekeluarga pemilik Padepokan Seni Ongko Joyo Rembang, Sumani (44), dituntut hukuman mati. Sidang beragenda pembacaan surat tuntutan jaksa tersebut digelar di Pengadilan Negeri (PN) Rembang, Jawa Tengah, hari ini.

"Diperoleh fakta hukum, secara sadar terdakwa bertujuan menghilangkan nyawa korban. Menjatuhkan pidana dengan pidana mati," kata Jaksa Penuntut Umum, Alfi Nur Fatah, dalam surat tuntutannya dalam persidangan, Rabu (15/9/2021).

Usai persidangan, penasihat hukum terdakwa, Setyo Langgeng, membenarkan tuntutan hukuman mati tersebut.

"Jaksa penuntut umum telah memberikan tuntutan yang dibacakan pada tanggal 15 September 2021. Dalam tuntutannya, pada pokoknya menuntut saudara terdakwa Sumani, memohon kepada majelis hakim agar menghukum dengan hukuman mati," papar Langgeng.

Langgeng menyebut persidangan akan dilanjutkan pada 29 September 2021 dengan agenda pembacaan pleidoi atau pembelaan dari penasihat hukum terdakwa maupun terdakwa atas tuntutan tersebut.

"Majelis hakim memberikan arahan, penasihat hukum dan terdakwa dipersilakan menyampaikan nota pembelaan atau pleidoinya. Yang diberi waktu sampai tanggal 29 September besok," jelas Langgeng.

Langgeng juga mengungkap kondisi terdakwa sebelum dan pasca-pembacaan tuntutan tersebut.

"Saya kemarin sebelum sidang, video call dengan pak Sumani. Kondisinya sehat, dan yang bersangkutan telah bersabar dan tabah menghadapi apa yang sedang bergulir saat ini," kata Langgeng.

Langgeng menyebut, saat ini Sumani makin tekun beribadah di balik jeruji besi. Ia pun merencanakan pertaubatan yang dilakukan oleh terdakwa Sumani secara resmi.

"Yang bersangkutan menyampaikan kepada kami selaku penasihat hukumnya, selalu berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Dan kami pun merencanakan, kalau memang pak Sumani mengakui tindakannya itu, agar menyampaikan pertaubatan di hadapan kami dan majelis hukum," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi menetapkan Sumani (44) warga Kecamatan Sulang, Rembang, sebagai tersangka tunggal pembunuhan 4 orang sekeluarga pemilik Padepokan Seni Ongko Joyo Rembang.

Pembunuhan ini menewaskan dalang Ki Anom Subekti (60), Tripurwati (50), Alfitri Saidantina (13), Galuh Lintang Laras Kinanti (10). Keempat korban ditemukan dalam kondisi tewas di ruang kamar masing-masing di padepokan seni Ongko Joyo, Desa Turusgede, Kecamatan Kota Rembang, Kamis 4 Februari 2021.

Lihat juga video 'Masalah Ekonomi Bikin Suami di Garut Habisi Nyawa Istri':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)