ADVERTISEMENT

Pertama Kali Dampingi Presiden Kunker, Gibran Dapat Masukan Ini dari Jokowi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 16:06 WIB
Presiden Jokowi dan Walkot Solo Gibran Rakabuming Raka di Universitas Sebelas Maret, Solo, Selasa (14/9/2021).
Presiden Jokowi dan Walkot Solo Gibran Rakabuming Raka di UNS, Selasa 14/9/2021. (Foto: dok Pemkot Solo)
Solo -

Presiden Joko Widodo dan putranya, Gibran Rakabuming Raka yang menjabat Wali Kota Solo akhirnya tampil bersama dalam sebuah forum resmi. Meski hanya sebentar, Gibran mengaku sempat mendapatkan masukan dari Jokowi.

Adapun keduanya bertemu dalam kunjungan kerja presiden di Universitas Sebelas Maret, Senin (13/9). Berdasar pengamatan detikcom selama ini, agenda ini merupakan momen perdana Gibran selaku wali kota mendampingi Jokowi selaku presiden yang melakukan kunjungan kerja resmi di Solo. Jokowi kali ini hadir membuka acara Forum Rektor se-Indonesia.

Acara digelar sangat tertutup, sehingga wartawan dilarang masuk ke kampus. Dilihat dari dokumentasi Pemkot Solo, Gibran sempat mengantar Jokowi saat hendak meninggalkan lokasi.

Ada beberapa orang yang turut mengantar, antara lain Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Rektor UNS Jamal Wiwoho. Gibran terlihat berdiri di belakang mereka.

Saat Jokowi berpamitan, Gibran turut membungkukkan badannya. Kepada wartawan, Gibran menjelaskan bahwa dirinya mendampingi Jokowi bukan sebagai anak.

"Ya profesional aja to, kemarin mendampingi untuk acara Forum Rektor itu," kata Gibran saat dijumpai di Balai Kota Solo, Selasa (14/9/2021).

Ditanya apakah di sela-sela kunjungan, Jokowi memberikan masukan khusus kepadanya dalam memimpin Kota Solo yang sebelumnya juga pernah dipimpin Jokowi, Gibran mengakuinya. Di antara masukan itu adalah masalah kurangnya penghijauan dan pendidikan yang harus ditingkatkan lagi.

"Masalah penghijauan masih kurang, masalah pendidikan harus digenjot lagi," ujar dia.

Gibran menyebut waktu yang terbatas membuat Jokowi belum sempat menengok sejumlah tempat di Solo. Beberapa tempat yang ingin dikunjungi antara lain Solo Technopark (STP).

"Karena waktu terbatas, selepas dari pertemuan dengan rektor di UNS, Pak Presiden belum sempat mampir ke beberapa lokasi yang ada di Kota Solo," ungkap Gibran.

"Kemarin sebenarnya di STP ada sudah ada yang kami sentuh, mulai banyak perusahaan yang masuk ke situ untuk mendukung, terutama UMKM, yang sudah ada Shoopee, Bukalapak, GoTo," pungkas Gibran Rakabuming Raka.

Lihat juga video 'Momen Ratusan Warga Solo Sambut Kedatangan Jokowi-Rebutan Bansos':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT