Update Terkini Kasus Ratusan Warga Jepara Jadi Korban Investasi Bodong

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 17:03 WIB
Ilustrasi Penipuan
Foto: Ilustrasi penipuan oleh Mindra Purnomo
Jepara -

Ratusan warga di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah diduga menjadi korban investasi bodong. Update terbaru jumlah laporan kasus investasi bodong yang masuk ke polisi bertambah.

"Masih itu-itu aja. Korban juga melampirkan korban lain dan lampirannya sama," kata Kasat Reskrim Polres Jepara, AKP M Fachrur Rozi, kepada wartawan melalui pesan singkat, Selasa (24/8/2021).

Warga yang melaporkan menjadi korban investasi bodong ini pada awal Agustus lalu sebanyak empat orang. Kini menjadi delapan orang.

"Sudah ada delapan laporan," jelas Rozi.

Rozi mengatakan bahwa kasus ini masih diselidiki polisi. Namun saat ditanya keterkaitan dengan kasus arisan online di sejumlah daerah di Jateng, Rozi menyebut kasus ini berbeda. Sebab, di Jepara dari hasil laporan sementara bermodus cashback atau pengembalian dana.

"Nggak ada kaitannya (saat ditanya apakah ada kemungkinan kasus investasi bodong di Jepara ada kaitannya dengan daerah lain), itu arisan online, kalau kita modus cashback," terang dia.

Diberitakan sebelumnya, ratusan warga di Jepara diperkirakan menjadi korban investasi bodong. Kasus ini mencuat pada Jumat (6/8) lalu.

Rozi menyebut terduga pelaku berinisial Y (20) warga Kecamatan Mlonggo, Jepara menjanjikan sebuah keuntungan investasi kepada para korban. Namun hingga jatuh tempo keuntungan uang itu tidak kunjung ada. Sebelumnya ada empat orang yang melapor kepada polisi.

"Kalau laporannya dia tawarkan lewat WA sama judul status WA itu adalah cashback kan. Misalnya Rp 1 juta menjadi Rp 1,3 juta, Rp 500 ribu menjadi Rp 700 ribu. Tapi ada jangka beberapa hari terus mesan beberapa slot, itu saja," terang Rozi, kala itu.

Simak juga Video: Big Boss Paket Kurban Bodong Cianjur Divonis Ganti Rugi Rp 49 M

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)