Corona Varian Delta Jahat, Luhut Minta Warga Isoman Ditarik Isolasi Terpusat

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 13:55 WIB
Boyolali -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, meminta pasien Corona atau COVID-19 tanpa gejala (OTG) untuk ditarik ke tempat isolasi terpusat. Hal ini untuk mengurangi potensi penularan kasus Corona selama menjalani isolasi mandiri.

Arahan itu disampaikan Luhut saat meninjau Asrama Haji Donohudan Boyolali, bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka serta forkopimda. Kunjungan Luhut dan Budi Gunadi ini sekaligus mengecek persiapan Asrama Haji Donohudan sebagai rumah sakit darurat COVID-19 (RSDC) sekaligus mengecek pelaksanaan vaksinasi.

"Pak Menteri (Luhut) tadi minta untuk penarikan warga yang isolasi mandiri (isoman) ke tempat isoter (isolasi terpusat). Jadi itu kuncinya untuk mencegah penyebaran, karena ini kan varian Delta. Jadi penarikan harus ini dan masyarakat pun harus taat," kata Dandim 0724/Boyolali, Letkol (Arm) Ronald Siwabessy, usai mendampingi Menko Marves dan Menkes di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Kamis (5/8/2021).

Ronald berharap warga yang menjalani isolasi mandiri mau dibawa ke isolasi terpusat untuk mencegah penyebaran COVID. Sebab, salah satu karakteristik Corona varian Delta yakni mudah menular.

"Jadi momen 17 Agustus ini kita jadikan untuk menjadi pahlawan kemanusiaan. Paling tidak untuk keluarga kita sendiri," pesan Ronald.

Ronald yang juga Kasubsatgas Operasional Umum Isolasi Terpusat Asrama Haji Donohudan ini memastikan bakal memaksimalkan ruangan yang ada. Dia pun sudah meminta kepada jajarannya untuk mau diisolasi terpusat jika terpapar Corona.

"Saya pun bilang ke anggota saya, kalau saya ditakdirkan kena COVID. Saya akan masuk ke isoter, karena kalau kita di rumah akan menulari orang sekitar kita. Jadi momen 17 Agustus ini kita jadikan untuk menjadi pahlawan kemanusiaan. Paling tidak untuk keluarga kita sendiri," tuturnya.

Ronald menyebut total ada 320 warga yang menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan. Ratusan warga ini berasal dari Solo, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo.

Selain soal isolasi terpusat, Luhut juga menekankan soal percepatan vaksinasi Corona. Program percepatan vaksinasi Corona ini ditargetkan bisa menjangkau 10 ribu orang per hari per kabupaten.

"Kemudian yang kedua soal vaksinasi. Jadi dari Pak Luhut, kita diberi tugas untuk menepati target tidak 1.000 per hari, tapi 10.000 per hari, itu satu kabupaten," jelas Ronald.

Ronald menambahkan untuk capaian vaksinasi di Boyolali saat ini mencapai 16,41 persen. Agustus ini ditargetkan capaian vaksinasi bisa mencapai 70 persen.

"Jadi untuk mengejar Solo yang sekarang sudah 60-70 persen, yang jajaran Solo Raya harus punya target. Yang jelas tadi disampaikan paling tidak di jajaran Solo Raya bulan Agustus semuanya sudah mencapai 70 persen. Itu target," terang dia.

(ams/sip)