FX Rudy Sebut Tim Puan Maharani Sendiri yang Pasang Baliho-baliho di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 14:51 WIB
Baliho dan billboard Puan Maharani di Kota Solo, Rabu (4/8/2021).
Baliho dan billboard Puan Maharani di Kota Solo, Rabu (4/8/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Baliho dan billboard 'Kepak Sayap Kebhinnekaan' berfoto Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertebaran di sejumlah daerah termasuk Kota Solo. Meski begitu, Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengaku pihaknya tidak memasang baliho Puan tersebut.

"DPC saya nggak masang kok," kata Rudy saat dihubungi wartawan, Rabu (4/8/2021).

Mantan Wali Kota Solo itu pun menduga bahwa baliho ataupun billboard dipasang oleh tim Puan Maharani sendiri. Dia tidak mendapatkan instruksi untuk memasangnya.

"Itu tim dari beliau mestinya. Saya nggak masang kok," ujar dia.

Rudy juga menyebut dirinya tidak pernah berkomunikasi dengan Puan maupun timnya terkait pemasangan billboard. Dia hanya tahu tiba-tiba sudah banyak yang terpasang.

"Nggak ada (komunikasi). Satu, nggak pernah ada komunikasi tentang hal itu. Kedua, kita tahu-tahu dah ada yang masang," tutupnya.

Di Solo, papan reklame bergambar Puan tersebar di beberapa titik yang berada di jalan-jalan protokol dan perbatasan kota. Gambar Puan rata-rata dipasang di billboard besar, seperti di simpang empat Pasar Kembang, simpang empat Baron dan simpang empat Komplang.

Baliho dan billboard Puan Maharani di Kota Solo, Rabu (4/8/2021).Baliho dan billboard Puan Maharani di Kota Solo, Rabu (4/8/2021). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Diberitakan sebelumnya, anggota DPR RI Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno memberi penjelasan soal baliho Puan Maharani. Menurut Hendrawan, selain baliho, ada billboard Puan Maharani yang dipasang kader PDIP di Senayan.

"Yang dipasang itu bermacam-macam. Yang billboard itu spontanitas kolektif fraksi. Yang baliho dan spanduk ada yang dipasang oleh DPD/DPC, kader di daerah dan para relawan," kata Hendrawan, Senin (2/8).

"Yang anggota DPR memasang billboard," katanya.

Hendrawan menjelaskan maksud pemasangan baliho Puan Maharani dan billboard tersebut. Selain itu, Hendrawan menjelaskan pesan-pesan yang tertuang dalam baliho ataupun billboard tersebut.

"Ini ekspresi kegembiraan karena Mbak PM (Puan Maharani) adalah perempuan pertama Ketua DPR dari 23 ketua DPR dalam sejarah RI. Tagline-nya macam-macam. Ada yang berkaitan dengan imbauan perkuatan gotong royong menghadapi pandemi, penguatan semangat kebangsaan, dan dorongan optimisme menghadapi masa depan," ujar Hendrawan.

Tonton juga Video: Baliho Puan di Mana-mana, Bagaimana Survei Elektabilitasnya?

[Gambas:Video 20detik]




(rih/ams)