Grobogan Turun Level PPKM, Pemkab Siapkan Strategi Baru Penanganan COVID

Manik Priyo Prabowo - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 23:32 WIB
Tangkapan layat data kasus COVID di Grobogan
Foto: Tangkapan layat data kasus COVID di Grobogan
Grobogan -

Kabupaten Grobogan, Jateng, turun level dari posisi PPKM Level 4 menjadi level 3 melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri, Senin 2 Agustus 2021. Strategi dan pemetaan penanganan kasus COVID-19 pun berubah.

Sebelumnya ada penyekatan ketat dari pintu keluar masuk di perbatasan dengan Kabupaten Demak dan pusat kota. Strategi ini pun akan berganti sesuai kebijakan yang akan diambil oleh tiga pilar yakni TNI, Polri dan Pemda.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, Selamet, melalui pesan singkat WhatApp menjelaskan, meski turun level masyarakat tidak boleh lengah. 3M, 3T dan strategi penanganan melalui pusat isolasi pasien tetap prioritas dan wajib.

"Benar kita sudah turun level menjadi level 3. Kita akan terus berupaya akan menuju level 2, 1 dan bahkan hijau kembali," jelasnya kepada detikcom, Senin (2/9/2021) malam.

Sementara menurut data website resmi Pemkab Kabupaten Grobogan, belum ada update terbaru angka kasus COVID-19. Dalam website resmi Pemkab hanya update terakhir yakni 30 Juli 2021 data hingga pukul 13.00 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan juga belum bisa memberikan data ini karena masih menunggu proses pembahasan bersama petugas Tiga Pilar sehingga strategi untuk pemulihan ekonomi dan menekan penularan COVID masih dalam pembahasan bersama. "Segera dibahas perubahan penanganannya," ujar Selamet.

Dalam data terakhir yang terunggah pada 30 Juli lalu terpampang kasus positif sebanyak 6358 kasus, meninggal 536 kasus, Probable 109 kasus dan terduga positif ada 55 kasus.

Data ini merupakan angka kasus menurut data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan.

(mbr/mbr)