Santosa Doellah Pendiri Batik Danar Hadi Wafat Usai Terpapar Corona

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 20:51 WIB
Santoso Doellah, Danar Hadi
Santoso Doellah. (Foto: Dok ISI Surakarta)
Solo -

Pendiri sekaligus Presiden Direktur PT Batik Danar Hadi, Santosa Doellah, tutup usia pada Senin (2/8/2021) malam ini. Sebelum wafat, Santosa dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19.

Salah satu kerabat Batik Danar Hadi, Achmad Purnomo, mengatakan Santosa sempat dirawat di rumah sakit sejak dua pekan yang lalu. Santosa terpapar COVID-19 bersama istri, Danarsih Santosa.

"Sekitar dua minggu lalu, di RS Indriati. Kena COVID. Bu Danar sudah negatif. Kalau Pak Santosa karena punya komorbid, tetap di rumah sakit," kata Purnomo saat dihubungi wartawan, Senin (2/8/2021).

Purnomo yang merupakan adik ipar dari Santosa mengaku mendapatkan kabar duka sekitar pukul 18.30 WIB. Santosa mengembuskan napas terakhir pada usia 80 tahun.

"Beliau wafat sekitar pukul setengah tujuh tadi. Beliau usia 80 tahun," ujar mantan Wakil Wali Kota Solo itu.

Menurutnya, kondisi Santosa selama ini cukup sehat. Purnomo mengatakan masih berkomunikasi dengan almarhum sebelum dirawat di rumah sakit.

"Beliau ini aktif di banyak organisasi. Kami masih berkomunikasi lewat WhatsApp, sekitar tiga minggu yang lalu. Kalau bertemu terakhir saat halal bihalal keluarga di rumah saya," kata dia.

Purnomo menyebut bahwa Santosa adalah perajin batik yang sangat terkenal. Wafatnya Santosa Doellah merupakan duka bagi Kota Solo.

"Beliau tokoh batik Indonesia. Kota Solo kehilangan sosok seperti beliau," ujarnya.

Simak video 'Kasus Corona RI 2 Agustus: 22.404 Kasus Baru, 32.807 Sembuh':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)