Terpopuler Sepekan

Heboh Anggota DPRD Solo Karaokean-Joget Bareng di Ruang Komisi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 11:04 WIB
Solo -

Di tengah suasana PPKM level 4, anggota DPRD Solo mendapatkan sorotan. Sebab dua anggotanya terekam dalam sebuah video sedang asyik berkaraoke dan berjoget di ruang kerja.

Dalam video berdurasi 3 menit 9 detik yang beredar di grup Whatsapp, tampak dua orang anggota DPRD berdiri di tengah ruangan memegang mikrofon sambil bernyanyi. Mereka tampak asyik bernyanyi sambil berjoget.

Kedua anggota DPRD Solo itu ialah Roro Indradi dan Hartanti. Mereka sama-sama berasal dari Fraksi PDIP. Sementara anggota DPRD lain tampak menikmati santapan di ruangan yang sama. Ada satu anggota DPRD lain yang juga ikut bernyanyi di kursinya sambil menyantap makanan.

Terkait protokol kesehatan, kedua anggota DPRD yang bernyanyi terlihat masih tetap mengenakan masker. Sementara anggota DPRD lainnya tampak menurunkan masker karena sedang makan.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, YF Sukasno, membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, peristiwa terjadi di ruang Komisi 2 pada pertengahan Juli lalu.

"Betul itu di Komisi 2, acara ulang tahun Mbak Roro Indradi Sarwo Indah," kata Sukasno saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (27/7/2021).

Dia menegaskan acara itu berlangsung di luar jam kerja. Alat yang digunakan tersebut adalah mikrofon yang biasa dipakai saat rapat.

"Itu kan sudah selesai jam kantor, acara syukuran makan-makan biasa. Cuma pakai sound dan mikrofon rapat itu, tidak kedengaran sampai ruang lain," kata dia.

Acara ulang tahun

Roro Indradi membenarkan peristiwa itu merupakan acara ulang tahunnya pada 13 Juli 2021 lalu. Menurutnya, hal itu dilakukan secara spontan, tak ada persiapan makan bersama, apalagi karaoke.

"Itu nggak ada yang disiapkan. Setelah rapat, pesan makanan online, makan di sini, kita kan memang nggak punya tempat makan khusus. Kalau sudah direncanakan itu biasanya disediakan meja di luar," kata Roro saat dijumpai di ruang Komisi 2, Selasa (27/7).

Dia menjelaskan karaoke pun dilakukan hanya dengan menggunakan layanan YouTube. Mikrofon dan alat pengeras suara juga hanya menggunakan peralatan rapat.

"Itu kan selesai rapat, di luar jam kerja. Kita hanya pakai YouTube, nyanyi lagu ulang tahun dan beberapa lagu, tidak sampai 30 menit," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi 2 DPRD Kota Solo, Honda Hendarto, mengaku sedang tidak berada di kantor saat peristiwa itu terjadi.

"Dulu pas nggak di kantor saya. Videonya baru tahu hari ini tadi. Intinya sesuai dengan pernyataan Pak Ketua DPRD dan Ketua Fraksi PDIP," kata Honda dalam kesempatan yang sama.

Berikutnya kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo dan Gibran Rakabuming soal aksi karaokean dua anggota DPRD Solo..