Terpopuler Sepekan

Kisah-kisah Pilu Bocah yang Jadi Yatim Piatu Akibat Corona

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 09:45 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Foto: Edi Wahyono)
Solo -

Pandemi virus Corona atau COVID-19 telah merenggut nyawa banyak orang. Tak sedikit anak-anak bahkan menjadi yatim piatu karena kedua orang tuanya meninggal dunia usai terpapar COVID-19.

detikcom merangkum sejumlah kisah pilu bocah-bocah yang kehilangan orang tuanya di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

1. 4 anak kehilangan orang tuanya di Bantul

Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Bantul menyebut ada 4 bocah yang menjadi yatim piatu usai orang tuanya meninggal terpapar virus Corona. Pemkab Bantul mengaku belum memberikan bantuan kepada 4 anak tersebut.

"Untuk yang statusnya yatim piatu setelah orang tuanya meninggal terpapar COVID-19 ada empat orang," kata Ketua FPRB Kabupaten Bantul, Waljito, saat dihubungi wartawan, Rabu (28/7/2021).

Keempat bocah tersebut terdiri dari 2 warga Kalurahan Bantul, Kapanewon Bantul, dan 2 warga Kalurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sewon.

"Ada beberapa yang kehilangan salah satu orang tuanya, dan untuk kapanewon yang lain masih dalam pendataan," ucapnya.

Pendataan tersebut, kata Waljito, wajib untuk dilakukan karena pihaknya tidak ingin mereka yang kehilangan orang tua maupun tulang punggung keluarga tidak tersentuh bantuan. Terlebih saat ini masih dalam rangka PPKM Level 4.

2. Ghifari bocah asal Sukoharjo dapat bantuan dari Jokowi

Bocah asal Sukoharjo, Al Ghifari Putra Setiawan (8) kini menjadi yatim piatu setelah kedua orang tuanya meninggal terpapar COVID-19. Bocah yang tengah duduk di bangku kelas 2 MIN Sukoharjo itu awalnya kehilangan ibunya, Haryati (37) dan dua hari berikutnya disusul ayahnya, Deni Budi Setyawan (43), karena terpapar Corona.

Tak hanya dua orang tuanya, Ghifari juga kehilangan sang kakek. Saat ini Ghifari tinggal bersama sang bibi, Eni Sulistiyowati yang merupakan kakak dari ayah Ghifari.

Kabar tentang Ghifari pun sampai ke pihak Polres Sukoharjo. Ghifari kemudian diangkat menjadi anak asuh dan semua kebutuhannya akan dibantu pihak polres.

Kisah pilu Ghifari juga didengar Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi memberikan bantuan kepada bocah itu melalui Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan.

"Bantuan yang diberikan oleh Pak Presiden berupa tabungan. Beliau (Presiden Jokowi) menyampaikan rasa belasungkawa dan empati yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat dan meringankan beban keluarga," ujar Wahyu kepada wartawan di sela pemberian bantuan di rumah Ghifar di Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (30/7).

Berikutnya ada kisah Vino bocah yatim piatu asal Kutai yang dipulangkan ke Sragen untuk dirawat sang kakek ...

Simak juga 'Kisah Bocah Gifari: Ortu Wafat Akibat Corona, Kini Jadi Anak Asuh Polres':

[Gambas:Video 20detik]