Asrama Mahasiswa UNS Dijadikan Tempat Isolasi Terpusat Solo-Sukoharjo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 21:12 WIB
Gedung Asrama Mahasiswa UNS
Gedung Asrama Mahasiswa UNS (Foto: dok. UNS)
Solo -

Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadikan dua gedungnya sebagai tempat isolasi terpusat Rumah Sehat UNS. Dua gedung itu dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga kampus UNS maupun masyarakat sekitar lokasi di Solo dan Sukoharjo.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, mengatakan satu gedung menggunakan Gedung E Asrama Mahasiswa UNS yang berada di Jebres, Solo. Gedung dapat dimanfaatkan warga kampus dan warga kawasan Jebres dan sekitarnya yang positif COVID-19 tanpa gejala maupun bergejala ringan.

Rumah Sehat UNS ini dapat terdiri dari 114 kamar, di antaranya ada 10 kamar berpendingin ruangan. Total ada 228 tempat tidur dengan 2 kamar mandi di tiap kamar.

"Rumah Sehat di Gedung E Asrama Mahasiswa UNS ini mulai kita operasikan hari ini," kata Jamal usai meresmikan Rumah Sehat, Rabu (28/7/2021).

Selain menyediakan tempat, UNS juga menjamin ketersediaan makanan untuk tiga kali sehari. Penghuni rumah sehat juga mendapatkan multivitamin, akses internet, TV, sarana olah raga, area berjemur, lapangan yang luas hingga alat memasak.

Sedangkan satu tempat isolasi terpusat lainnya menggunakan Gedung Merc di kompleks Rumah Sakit (RS) UNS, Kartasura, Sukoharjo, yang sudah digunakan sejak Januari 2021. Di gedung ini telah disediakan 180 tempat tidur.

"Rumah Sehat RS UNS ini dapat dimanfaatkan civitas academica UNS dan warga Sukoharjo di sekitar RS UNS," ujar dia.

Bagi civitas academica UNS yang terpapar COVID-19 tanpa gejala atau bergejala ringan dapat melapor kepada Satgas COVID-19 UNS. Sedangkan bagi warga setempat dapat menghubungi perangkat daerah setempat.

"Warga masyarakat bisa menghubungi RT atau RW setempat. Pemanfaatan rumah sehat 1 dan 2 UNS untuk isolasi mandiri bagi para penderita COVID-19 tersebut semuanya tanpa dipungut biaya alias gratis sebagai bentuk solidaritas sosial," tutupnya.

(rih/mbr)