Ayah Meninggal Kena Corona, 3 Kakak-Adik di Solo Ini Kini Yatim Piatu

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 20:03 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi COVID (Foto: Edi Wahyono)
Solo -

Tiga anak kakak-adik di Kota Solo menjadi yatim piatu setelah ayah mereka meninggal karena terpapar COVID-19. Ketiga anak itu N (16), D (14) dan R (12), warga Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo.

Tiga anak remaja itu selama setahun terakhir tinggal bersama ayah mereka, Sarjono. Sebab ibu mereka sudah meninggal dunia sejak awal tahun lalu.

Adik Sarjono, Janti, mengatakan awalnya sang kakak merasakan sakit dan memeriksakan diri ke klinik. Sarjono lalu mendapatkan obat penurun panas dan vitamin.

"Besoknya kondisinya memburuk, lalu dibawa ke rumah sakit selama lima hari," kata Janti saat dihubungi wartawan, Rabu (28/7/2021).

Sarjono akhirnya mengembuskan napas terakhir pada Minggu (11/7). Tiga anak tersebut kini masih menjalani isolasi karena juga terpapar COVID-19 tanpa gejala.

"Sebelum meninggal, kakak saya titip ketiga anaknya kepada saya. Setelah selesai isolasi, mereka tinggal sama saya," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan menjamin ketiga anak tersebut mendapatkan pendidikan yang layak. Dia juga akan memberikan bantuan kepada ketiganya.

"Ya yang penting pendidikannya kita bantu. Yang penting kan pendidikan. (Bantuan) baru kita disiapin, bentar lagi saya serahkan," kata Gibran di Balai Kota Solo, hari ini.

Gibran mengungkap saat ini Pemkot Solo tengah mendata anak-anak yang bernasib serupa. Apalagi belakangan ini angka kematian Corona di Solo cukup tinggi.

"Kita pastikan dulu bagaimana nanti datanya. Kan angka kematian di Solo juga cukup tinggi. Yang jelas untuk adik-adik yang masih di bawah umur nanti kita bantu," ujarnya.

(rih/ams)