Round-Up

Saat Anggota DPRD Solo Jadikan Ruang Komisi untuk Karaoke-Joget Bersama

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 08:20 WIB
Anggota DRPD Solo karaoke bareng di ruang komisi
Anggota DRPD Solo karaoke bareng di ruang komisi. (Foto: Tangkapan layar video viral)
Solo -

Anggota DPRD Solo terekam dalam sebuah video sedang asyik berkaraoke dan berjoget di ruang kerja. Video itu pun beredar di grup percakapan WhatsApp dan mendapatkan sorotan karena dilakukan di tengah suasana pandemi COVID-19.

Dalam video berdurasi 3 menit 9 detik itu, tampak dua orang anggota DPRD berdiri di tengah ruangan memegang mikrofon sambil bernyanyi. Mereka tampak asyik bernyanyi sambil berjoget.

Kedua anggota DPRD Solo itu ialah Roro Indradi dan Hartanti. Mereka sama-sama berasal dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sementara anggota DPRD lain tampak menikmati santapan di ruangan yang sama. Ada satu anggota DPRD lain yang juga ikut bernyanyi di kursinya sambil menyantap makanan.

Terkait protokol kesehatan, kedua anggota DPRD yang bernyanyi terlihat masih tetap mengenakan masker. Sementara anggota DPRD lainnya menurunkan masker karena sedang makan.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, YF Sukasno, membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, peristiwa terjadi di ruang Komisi 2 pada dua pekan kemarin.

"Betul itu di Komisi 2, acara ulang tahun Mbak Roro Indradi Sarwo Indah," kata Sukasno saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (27/7/2021).

Dia menegaskan acara itu berlangsung di luar jam kerja. Alat yang digunakan tersebut adalah mikrofon yang biasa dipakai saat rapat.

"Itu kan sudah selesai jam kantor, acara syukuran makan-makan biasa. Cuma pakai sound dan mikrofon rapat itu, tidak kedengaran sampai ruang lain," kata dia.

Dianggap bukan pelanggaran

Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo mengaku telah mengkonfirmasi video itu kepada anggotanya. Menurutnya, tidak ada pelanggaran yang dilakukan.

"Sudah saya konfirmasi ke komisi, itu kan setelah selesai rapat, kebetulan ada yang ulang tahun. Nggak ada (pelanggaran), di luar jam kerja, masih dalam batas wajar," kata Budi saat dijumpai di Gedung DPRD Solo, Selasa (27/7/2021).

Budi menilai dari sisi pekerjaan kegiatan itu tidak menganggu kinerja anggotanya. Sementara dari sisi protokol kesehatan, kedua anggotanya itu bernyanyi tetap memakai masker.

"Itu kan nggak buka masker. Yang jelas juga nggak mengganggu kinerja teman-teman," terang politikus PDIP itu.

Simak video 'Aksi Anggota DPRD Solo Berkaraoke Ria di Ruang Komisi Saat PPKM':

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya: pengakuan pelaku karaoke