Pelaku Teror Lempar Batu ke Truk-Mobil di Klaten Ditangkap

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 12:00 WIB
Kaca truk tronton pecah dan berlubang akibat teror lempar batu oleh orang tak dikenal di Klaten, Jumat (11/6/2021).
Kaca truk tronton pecah dan berlubang akibat teror lempar batu oleh orang tak dikenal di Klaten, Jumat (11/6/2021). Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Komplotan pelaku teror lempar batu ke kaca truk dan mobil yang bikin resah ditangkap jajaran Polres Klaten. Empat orang pelaku yang kini sudah ditetapkan menjadi tersangka kini diperiksa intensif.

"Sudah kita tangkap. Untuk sementara kita amankan empat orang," ujar Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan pada wartawan di GOR Gelarsena, Minggu (25/7/2021).

Andriansyah mengatakan dari empat orang yang diamankan dan diperiksa di Mapolres, ada yang anak di bawah umur. Namun ada juga satu orang dewasa.

"Ada empat orang kita tangkap pekan lalu. Tiga orang anak di bawah umur dan satu orang dewasa," jelas Andriansyah.

Andriansyah menyebut untuk ketiga tersangka di bawah umur akan dikenakan proses hukum yang berbeda. Ketiga pelaku anak itu tidak ditahan tapi diversi dengan melibatkan Balai Pemasyarakatan (Bapas).

"Yang dewasa kita tahan. Sedangkan tiga orang yang anak di bawah umur kita kembalikan ke orang tua dulu dan Bapas yang melakukan penelitian," sambung Andriansyah.

Andrianyah menyebut keempat orang tersebut merupakan warga Klaten. Dari hasil pemeriksaan keempatnya tidak hanya beraksi di satu lokasi.

"Mereka melakukan juga terkait dengan perusakan. Ada beberapa titik, termasuk beberapa kejadian sebelumnya baik truk, mobil sedan dan truk tangki," sambung Andriansyah.

Sebelumnya diberitakan, teror lempar batu terjadi di jalanan Klaten. Kaca truk tronton yang tengah melintas pecah setelah dilempar batu pemotor tak dikenal. Bongkahan batu juga mengenai kepala sopir.

Truk disopiri oleh Sulistiawan (23) warga Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Truk yang dikemudikannya mengangkut arang dari Semarang dilempar batu oleh orang tak dikenal yang naik sepeda motor di Jalan Diponegoro, Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara.

"Tepatnya kejadian di jalan sebelum Mapolres Klaten. Saya mengangkut arang saya bawa ke Klaten," kata Sulistiawan saat ditemui wartawan di jalan Yogya-Solo, Desa Kraguman, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Jumat (11/6).

Simak juga 'Sopir Truk Ini Maki Polisi Saat Penyekatan PPKM Darurat di Mojokerto':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)