Round-Up

Dugaan Penipuan Investasi Cerdas Laundry Berujung Laporan ke Mabes Polri

Ari Purnomo - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 07:54 WIB
Ilustrasi Penipuan
(Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo)
Solo -

Bisnis cuci pakaian 'Cerdas Laundry' dengan iming-iming keuntungan puluhan juta per bulan semakin meruncing. Hal ini menyusul pelaporan investor terhadap sang pemiliknya Didik Mulato ke Mabes Polri.

Didik diduga telah melakukan penipuan terhadap para pembeli lisensi Cerdas Laundry itu yang berakibat kerugian mencapai miliaran rupiah.

Laporan bernomor: STL/278/VII/2021 /BARESKRIM, dilakukan pada 14 Juli lalu.

Asni Damanik selaku Kuasa hukum para investor mengungkapkan, laporan ke Bareskrim tidak hanya pada Didik saja. Melainkan, juga pada pihak-pihak yang membantunya selama ini.

"Yang kami laporkan bukan hanya Didik Mulato, tapi semua tim yang membantu dia," ujar Asni kepada detikcom, Kamis (22/7).

Asni juga mengatakan, investor melaporkan Didik karena yang bersangkutan tidak punya itikad baik untuk menyelesaikan permasalahannya.

"Investor yang melaporkan kasus ini berasal dari 13 provinsi. Kami yakin korban lain masih banyak," ungkap dia.

Adanya laporan ini diharapkan dapat menghindari agar tidak semakin banyak korban dari investasi tersebut. Pasalnya, Didik masih beraktivitas mengadakan seminar online menawarkan investasi seperti Cerdas Laundry masih berlangsung setiap minggu.

Ketua Forum Investor Cerdas Laundry Heriyanto menjelaskan, awal mula kasus terjadi ketika Didik menawarkan bisnis laundry melalui seminar online Komunitas Bisnis Digital (KBD) pada November 2020.

Dalam investasi ini, katanya, Didik mewajibkan setiap investor membeli lisensi senilai Rp 15 juta sampai akhir 2020. Harga lisensi naik menjadi Rp 25 juta sejak awal 2021.

"Selain itu, investor harus menyiapkan investasi antara Rp 275 juta sampai Rp 375 juta untuk memiliki outlet yang nantinya dikelola penuh oleh Didik Mulato. Investor dijanjikan keuntungan bulanan Rp 30 juta untuk outlet dengan 5 mesin dan keuntungan Rp 70-an juta untuk outlet dengan 10 mesin," tuturnya.

"Tapi, janji itu tidak pernah terbukti," sambungnya.

Selanjutnya: apa tanggapan Didik Mulato?

Simak juga Video: Polda Metro Tangkap Pelaku Penipuan Berkedok Kredit Tanpa Agunan

[Gambas:Video 20detik]