Pintu Masuk Jateng Ditutup Besok, Truk-truk Padati Pantura Brebes

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 16:04 WIB
Lalu lintas di pos penyekatan Brebes Barat, Brebes, Kamis (15/7/2021).
Lalu lintas di pos penyekatan Brebes Barat, Brebes, Kamis (15/7/2021). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Sehari menjelang penutupan pintu masuk Jawa Tengah, jalur pantura di Kabupaten Brebes tampak dipadati kendaraan truk barang atau logistik. Demikian pula di ruas tol, sejak beberapa hari belakangan dipadati truk.

Pantauan Kamis (15/7/2021) pukul 14.00 WIB di pos penyekatan Brebes Barat, Desa Klampok, truk barang dari arah barat tampak memadati jalur ini. Satu per satu truk ini diperiksa kelengkapan dokumennya. Kendaraan angkutan barang yang masuk kategori esensial dan kritikal dipersilakan melintas melalui jalur pantura ke arah timur.

Sedangkan yang non-esensial dan non-kritikal, dialihkan ke ruas tol melalui gate Tol Brebes Barat. Ini juga berlaku bagi truk besar atau sumbu lebih dari dua

Kasat Lantas Polres Brebes AKP Putri Noer Cholifa membenarkan adanya peningkatan jumlah kendaraan jelang penutupan pintu masuk Jateng besok.

"Lalu lintas sudah ada peningkatan, utamanya kendaraan logistik. Untuk aktivitas masyarakat tidak ada peningkatan aktivitas," kata Putri di sela persiapan penutupan di pertigaan exit tol Brebes Barat, hari ini.

Dampak dari pemeriksaan dokumen di pos penyekatan ini, terjadi antrean kendaraan dari arah barat di pos tersebut. Menurut Putri, antrean ini karena kendaraan tersebut menunggu pemeriksaan oleh petugas.

"Jadi antrean itu bukan karena macet, tapi karena kendaraan itu sedang menunggu giliran diperiksa," jelas Putri.

Lalu lintas di pos penyekatan Brebes Barat, Brebes, Kamis (15/7/2021).Lalu lintas di pos penyekatan Brebes Barat, Brebes, Kamis (15/7/2021). (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Sama dengan di jalur pantura, peningkatan volume kendaraan juga terjadi di ruas Tol Pejagan Pemalang, terutama jenis truk. Hari ini di Tol Gate Brebes Timur, kendaraan angkutan barang tampak mengantre keluar tol dan masuk Jawa Tengah. Demikian pula sebaliknya, truk barang yang akan masuk jalan tol menuju arah barat jumlahnya mengalami peningkatan.

Petugas Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR), Deny Raharjo, menyebut lalu lintas harian (LHR) kendaraan truk sejak PPKM Darurat hingga Rabu (14/7) kemarin yang berhasil dihitung sebanyak 4.715 kendaraan. Sementara LHR normal truk sebanyak 2.748 kendaraan.

"Kenaikan pada golongan truk diakibatkan adanya penutupan jalan pantura Brebes," ungkap Deny.

(rih/sip)