Mobil Terbakar di Jalan Solo-Semarang Boyolali

Ragil Ajiyanto - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 16:36 WIB
Mobil terbakar di Jalan Solo-Semarang, Boyolali, Senin (28/6/2021).
Mobil terbakar di Jalan Solo-Semarang, Boyolali, Senin (28/6/2021). (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Satu unit mobil terbakar di Jalan Solo-Semarang, Boyolali, Jawa Tengah, siang tadi. Tak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut.

"Kemungkinan karena korsleting listrik," kata pemilik mobil, Anang, warga Desa Pusporenggo, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, di lokasi kejadian, Senin (28/6/2021).

Anang menceritakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.45 WIB siang tadi. Mobil Nissan Grand Livina, AD 8775 UD, yang terbakar itu baru saja menarik minibus Isuzu Elf, AB 1350 BZ, dari Desa Canden, Kecamatan Sambi, ke bengkel mobil di Dukuh Masahan, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Mojosongo, Boyolali.

Setelah sampai di bengkel yang berlokasi di beberapa ratus meter sebelah barat Mapolres Boyolali tersebut, mobil diparkir di pinggir jalan. Kemudian, Anang dan temannya turun dari mobil untuk ke bengkel.

"Memang mau ke bengkel sini, sudah berhenti, sudah masuk bengkel saya. Paling sekitar 5 menit, kontak (mobil) sudah saya ambil. Terus diberitahu teman saya, kok mobilnya (Nissan Grand Livina) keluar asap," jelas Anang.

Kepulan asap pertama diketahui dari bagian mesin. Dia kemudian berlari menyeberangi jalan Solo-Semarang itu untuk mengecek ke mobilnya. Saat mengetahui mobilnya terbakar, dia kembali lari ke bengkel untuk mengambil alat pemadam api ringan (APAR).

"Saya ke mobil lagi, sudah nggak ketututan (terburu), sudah keluar api. Sudah lumayan besar, sudah habis tiga tabung pemadam kebakaran tadi, nggak bisa padam," kata dia.

Dia menduga mobilnya terbakar akibat korsleting listrik. Namun menurutnya tak ada gejala apapun pada mobilnya sebelum terbakar.

"Kemungkinan konslet. Kalau overheat mesti muncul indikator dulu, itu tadi nggak muncul sama sekali, tidak ada gejala apapun. Tahu-tahu keluar asap terus keluar api," imbuh dia.

Kapolsek Mojosongo AKP Joko Winarno mengatakan, saat itu pihaknya sedang melakukan patroli dan sampai di TKP itu melihat ada mobil yang terbakar. Pihaknya langsung berhenti dan melakukan pengaturan lalu lintas.

Akibat kejadian ini, pengguna jalan dari arah timur ke barat (Solo ke Semarang) sempat dihentikan. Petugas juga menghubungi Damkar Boyolali. Sementara api pun terus membesar dan merembet ke bagian interior dan merembet ke eksterior mobil.

Hingga akhirnya satu unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Boyolali mendatangi lokasi kejadian dan berhasil memadamkan api.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka, saat mobil terbakar dalam keadaan kosong. Sopirnya sudah turun dan ke bengkel ini," kata Joko Winarno di lokasi kejadian.

(sip/rih)