Belasan Karyawan di Bandara YIA Kulon Progo Terpapar Corona

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 20:17 WIB
Suasana Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo sehari usai larangan mudik, Selasa (18/5/2021)
Suasana Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo sehari usai larangan mudik, Selasa (18/5/2021). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom
Kulon Progo -

Satgas COVID-19 Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengungkap adanya kasus penularan virus Corona di lingkungan Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulon Progo. Sebanyak 16 orang yang merupakan karyawan di Bandara Kulon Progo terkonfirmasi positif Corona.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan kasus penyebaran Corona di lingkungan Bandara Kulon Progo ini pertama kali diketahui pada pekan pertama Juni 2021 lalu. Berawal dari 1 orang kemudian bertambah hingga 16 yang terkonfirmasi positif Corona.

Adapun mayoritas yang positif itu merupakan karyawan dari PT Angkasa Pura Logistic (APLOG), salah satu anak perusahaan PT Angkasa Pura (AP) 1 selaku pengelola Bandara Kulon Progo.

"Ya di kantor AP I ada sebanyak 16 karyawan yang positif (Corona), mayoritas ber-KTP luar Kulon Progo," kata Baning kepada wartawan, Jumat (25/6/2021).

Baning menyebut untuk saat ini kasus tersebut telah dianggap selesai. Hal ini karena sudah tidak ada penambahan kasus baru dari penularan Corona di lingkungan pekerja Bandara Kulon Progo.

"Hasil tracing terbarunya sudah tidak ada penambahan, jadi bisa dikatakan kasus ini telah selesai," ujarnya.

Terpisah, Stakeholder Relation Manager YIA, Ike Yutiane, mengatakan terkait dengan kemunculan kasus Corona di lingkungan bandara YIA, ia membenarkan APLOG merupakan mitra dari pelayanan logistik YIA. Namun, kondisi tersebut tidak berdampak langsung dengan area terminal penumpang maupun area publik pengguna jasa bandara.

"Hal ini karena kegiatan terkait logistik dilayani di area yang berbeda, yaitu area khusus kargo dan Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU)," kata Ike lewat keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (25/6).

Ike juga memastikan seluruh aktivitas kerja karyawan di YIA telah dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Personel yang bertugas setiap hari melalui proses pengecekan suhu tubuh memastikan kesehatan serta wajib menggunakan masker dan menjaga jarak fisik di seluruh area bandara.

"Kami juga selalu mengingatkan melalui public announcement supaya seluruh personel bandara maupun pengunjung bandara mematuhi protokol kesehatan. Kami selalu memastikan bahwa seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan penumpang bandara berjalan dengan aman dan nyaman, dengan mengedepankan protokol kesehatan," terang Ike.

(rih/ams)