BKSDA Evakuasi Seekor Buaya Muara Seberat 3 Kuintal di Sragen

Andika Tarmy - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 21:18 WIB
Proses evakuasi buaya muara dari warga Sambungmacan, Sragen, Kamis (24/6/2021).
Buaya muara 3 kuintal yang dievakuasi BKSDA dari warga Sambungmacan, Sragen, Kamis (24/6/2021).
Sragen -

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengevakuasi buaya muara sepanjang 2,8 meter dari warga Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Buaya seberat tiga kuintal tersebut diserahkan usai sempat dipelihara selama puluhan tahun.

"Benar, tadi petugas BKDSA Jateng dibantu Polsek Sambungmacan dan Koramil Sambungmacan, melakukan evakuasi satwa liar jenis buaya muara yang sebelumnya dipelihara oleh warga," ujar Kapolsek Sambungmacan, Iptu Widarto, saat dihubungi detikcom, Kamis (24/6/2021).

Widarto menyebut, buaya tersebut sudah puluhan tahun dipelihara oleh seorang warga Sambungmacan, Sragen. Pemilik buaya sempat berkonsultasi dengan polisi terkait keberadaan buaya yang semakin hari semakin besar.

"Buaya itu sendiri sudah 20 tahun dipelihara. Beliau kemudian berkonsultasi pada kita untuk menyerahkan buaya tersebut kepada negara karena itu termasuk satwa yang dilindungi. Kemudian kita menghubungi BKSDA terkait kelanjutan nasib buaya tersebut," jelasnya.

Menindaklanjuti laporan tersebut, tim BKSDA Jawa Tengah kemudian melakukan evakuasi buaya muara. Proses evakuasi berlangsung selama 1,5 jam, melibatkan delapan orang petugas gabungan.

"Posisi buaya ada di belakang rumah, ada semacam kolam dengan pembatas begitu. Prosesnya tidak lama, petugas memasangkan tali di bagian mulut buaya kemudian buaya ditarik ke atas," urai Widarto.

Proses evakuasi buaya muara 3 kuintal dari warga Sambungmacan, Sragen, Kamis (24/6/2021).Proses evakuasi buaya muara 3 kuintal dari warga Sambungmacan, Sragen, Kamis (24/6/2021). Foto: dok. BKSDA Jawa Tengah

Dihubungi secara terpisah, Plt Kasi Konservasi BKSDA Wilayah I Surakarta, Sudadi, membenarkan evakuasi buaya ini. Usai mendapatkan laporan, pihaknya kemudian membentuk tim untuk mengevakuasi.

"Kita langsung cek lokasi persiapan untuk evakuasi. Satu hari berikutnya kita membentuk tim BKSDA wilayah I Surakarta bersama dengan tim evakuasi Taman Satwa Taru Jurug melakukan evakuasi dibantu Polsek dan Koramil Sambungmacan," jelasnya.

Menurut petugas, buaya muara berkelamin jantan ini dalam kondisi yang sehat. Usai dilakukan evakuasi, buaya ini kemudian dibawa ke Semarang.

"Panjangnya sudah diukur kurang lebih 2,8 meter, beratnya 3 kuintal. Kondisinya sehat jenisnya buaya muara, jenis kelaminnya jantan. Usai dievakuasi, dari BKSDA Jawa Tengah kita menitipkan ke Lembaga Konservasi Taman Satwa Semarang," terang Sudadi.

Sudadi meminta masyarakat yang memiliki satwa dilindungi agar segera menyerahkannya ke negara. Pasalnya, jika hewan tersebut tergolong hewan buas tentu berisiko membahayakan pemilik maupun warga sekitar.

"Memang ini kan hewan dilindungi, seharusnya masyarakat tidak diperkenankan untuk memelihara. Itu juga satwa buas, jika dalam memelihara tidak (memenuhi) standar bisa membahayakan pemilik juga masyarakat sekitarnya," imbuhnya.

Lihat juga Video: Detik-detik Tim SAR Terobos Sarang Buaya saat Evakuasi Mayat Pria di Babel

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)