Warga di 2 Dukuh Sleman Positif Corona Usai Ziarah Jadi 74

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 14:35 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Ilustrasi kasus virus Corona atau COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Sleman -

Kasus positif virus Corona atau COVID-19 di Padukuhan Ngino XI dan Ngino XII, Margoagung, Seyegan, Sleman, bertambah jadi 74 warga. Diketahui, penularan Corona di wilayah ini berawal usai warga berziarah ke Magelang, Jawa Tengah.

"Ada tambahan 34 warga positif di Ngino XII. Hasil (PCR) keluar beberapa hari lalu," kata Panewu Seyegan, Budi Pramono, kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Seperti diketahui, kasus ini bermula dari kegiatan ziarah warga ke Magelang pada 6 Juni lalu. Kemudian ada warga yang ikut dalam rombongan ziarah terkonfirmasi positif dan menularkan ke warga lainnya.

Budi menjelaskan, tambahan 34 kasus positif dari hasil swab PCR. Tambahan itu berasal dari warga Padukuhan Ngino XII.

Dengan tambahan ini, total kasus di Ngino XI dan Ngino XII menjadi 74 kasus positif. Namun, Budi menyebut saat ini sebagian warga telah selesai menjalani isolasi.

"Iya total 74 positif. Tapi 40 orang sudah selesai isoman. Tetapi kalau ada keluarga yang positif hasil swab kedua, isoman berlanjut sampai tanggal 27 Juni," jelasnya.

Kasus di Padukuhan Ngino XI dan Ngino XII ini, lanjut Budi, dinyatakan telah terkondisi. Proses tracing juga sudah selesai.

"Alhamdulillah sudah terkondisi. Tracing juga sudah selesai, sebagian sudah selesai isoman tanggal 23 kemarin, sisanya tanggal 27 Juni," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan warga yang berasal dari Padukuhan Ngino XII dan Ngino XI, Margoagung, Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) positif virus Corona. Diketahui, penularan Corona di wilayah ini berawal saat warga berziarah ke Magelang, Jawa Tengah.

"Berawal dari ziarah ke daerah Magelang, dua bus pada tanggal 6 Juni waktu itu. Kemudian yang ikut ziarah itu ada yang positif dari hasil tracing dari kasus yang lain," kata Panewu Seyegan, Budi Pramono, saat dihubungi wartawan, Jumat (18/6).

Usai diketahui ada yang positif, tracing terhadap warga yang ikut ziarah digelar. Hasilnya, ada sebanyak 64 orang yang menjalani tes swab PCR.

"Kemudian yang 2 bus itu dilakukan swab pada Senin (14/6) sebanyak 64 orang di-swab dan dua hari kemudian keluar hasilnya 38 orang positif," jelasnya.

Dijelaskan Budi, kasus positif kemudian bertambah. Sebanyak dua orang dinyatakan terkonfirmasi positif Corona pada keesokan harinya.

"Jadi totalnya ada 40 orang positif di Ngino. 39 di Ngino XII dan 1 di Ngino XI," ungkapnya, Jumat (18/6).

Simak video 'Ini 20 Wilayah Zona Merah Covid-19, Jawa Tengah Terbanyak!':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)