Corona Menggila di Solo Raya! Gibran Keluhkan SE Kawasan Tak Seragam

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 20:15 WIB
Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka (Foto: detikcom/Ari Purnomo)
Solo -

Kondisi penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Solo Raya semakin mengkhawatirkan. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bakal berkoordinasi dengan para bupati untuk membahas pengetatan kegiatan masyarakat di Solo Raya.

"Saya kira janganlah (lockdown). Kita ketatin aja prokesnya, dan mengikuti inmen (instruksi menteri)," kata Gibran di Balai Kota Solo, Rabu (23/6/2021).

Gibran ingin agar pembahasan pengetatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro dilakukan secara bersama-sama dengan para bupati se-Solo Raya. Pembahasan PPKM Mikro ini rencananya dilakukan besok yang akan dikoordinasikan oleh Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Deddy Suryadi.

"Pak Danrem mau mengundang semua kepala daerah di Solo Raya biar SE (surat edaran)-nya seragam. Dari dulu SE nggak pernah seragam," ujarnya.

Dengan SE yang baru nanti, kata Gibran, dimungkinkan akan ada pembatasan jam operasional tempat usaha seperti instruksi pemerintah pusat. Namun menurutnya akan ada penyesuaian dengan kondisi Solo Raya.

"Kalau mengikuti inmen ada yang dibatasi sampai jam 8 malam. Tapi kan keadaan tiap kota itu beda," terang Gibran.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Satgas COVID-19 Solo, Ahyani, mengatakan kasus Corona di Solo semakin meningkat. Hari ini ada penambahan 171 kasus baru Corona, jumlah ini cukup banyak dibandingkan hari-hari sebelumnya yang berada di bawah angka 100.

"Kita mulai mengkhawatirkan kalau pertambahan seperti itu. Jadi seperti kembali saat outbreak, gelombang keduanya soalnya datang lagi," kata Ahyani.

Menurut Ahyani, pembatasan kegiatan masyarakat akan dilakukan di mal dan tempat-tempat umum lainnya. Namun untuk rumah makan hanya boleh melakukan take away di atas pukul 20.00 WIB.

"Dine in atau makan di tempat dibatasi. Di atas jam 8 malam hanya melayani take away dan delivery," tutupnya.

Tonton juga Video: 3 Pedagang Asal Luar Kota di Alun-alun Solo Positif Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(ams/mbr)