DIY Batal Lockdown, Sleman dan Bantul Zona Merah Corona!

Heri Susanto - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 20:18 WIB
Tugu Yogyakarta di kala malam
Kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta (Foto: Kemenparekraf)
Yogyakarta -

Kabupaten Sleman dan Bantul menjadi zona merah virus Corona atau COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sementara itu Kota Yogyakarta, Kabupaten Gunungkidul dan Kulon Progo masuk zona oranye.

"Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman masuk zona merah. Sedangkan tiga daerah lain, Kabupaten Gunungkidul, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Kulon Progo masuk zona oranye," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji, diwawancarai di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Yogyakarta, Selasa (22/6/2021).

Menurutnya, status zona tersebut berdasarkan pembagian zonasi dari Satgas Penanganan COVID-19 DIY dengan 14 kriteria seperti di awal pandemi Corona lalu.

"Yang masuk zona merah, pariwisata bisa ditutup, operasional pusat perbelanjaan, kafe, dan restoran maksimal pukul 20.00 sesuai dengan Instruksi Mendagri terbaru," jelasnya.

Aji menjelaskan, dengan pembagian zonasi risiko tersebut, penutupan pariwisata di Bantul oleh bupati setempat telah sesuai aturan karena memang Bantul masuk dalam zona merah resiko bencana.

"Zona oranye dibatasi sampai pukul 21.00 WIB. Tapi, kalau memang kepala daerah melihat potensi peningkatan menjadi zona merah silakan untuk mengambil keputusan tegas," jelasnya.

Aji menambahkan, keputusan penutupan pusat perbelanjaan, pasar, maupun tempat keramaian seperti wisata dan yang lainnya menjadi wewenang kepala daerah.

"Bupati dan wali kota yang mengerti kondisi wilayahnya. Jadi, sesuai aturan dipersilakan kepala daerah untuk membuat keputusan demi kebaikan masyarakatnya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Biro Umum, Humas, dan Protokoler (UHP) Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji menambahkan, untuk pembagian zonasi berbasis RT seperti acuan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, Kabupaten Bantul enam RT masuk zona merah, 14 zona oranye. Kabupaten Sleman 11 zona merah dan 25 zona oranye.

"Kalau berdasarkan zonasi RT, dengan klasifikasi zona merah rumah di atas lima rumah, Kabupaten Bantul ada enam RT zona merah, dan Sleman 11 RT yang zona merah, Kabupaten Gunungkidul ada tiga RT," jelas Ditya.

Simak video 'Yogya Tak Lockdown, Sultan Minta Seluruh Kab/Kota Terapkan PPKM Ketat':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman selanjutnya, soal Yogyakarta batal lockdown...

Selanjutnya
Halaman
1 2