Bertambah Lagi, 5 Warga Kudus yang Sempat Isolasi di Donohudan Meninggal

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 14:48 WIB
Suasana Kudus pada hari pertama Di Rumah Saja, Senin (14/6/2021).
Suasana Kudus pada hari pertama 'Di Rumah Saja', Senin (14/6/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Jumlah warga positif virus Corona atau COVID-19 asal Kudus yang meninggal dunia saat menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah bertambah menjadi lima orang. Para pasien tersebut meninggal setelah dirujuk dari Donohudan ke sejumlah rumah sakit.

"Kalau meninggal iya ada 5 orang, itu yang dirujuk di rumah sakit-rumah sakit, bukan yang di Donohudan. Begitu berada di sana, lalu keadaan buruk kemudian dirujuk ke rumah sakit di sekitar Solo Raya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo saat ditemui di Puskesmas Jati, Kudus, Selasa (22/6/2021).

"Kemudian per kemarin Senin (21/6) itu ada lima orang (meninggal dunia)," sambung Badai.

Badai menjelaskan warganya yang meninggal dunia saat menjalani isolasi terpusat di Donohudan karena mengalami gejala. Mereka sebelumnya juga telah dirujuk di rumah sakit.

Dia menjelaskan saat ini tinggal 88 warga Kudus yang masih menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan. Rencananya malam ini puluhan warga tersebut akan dipulangkan ke Kudus, karena beberapa di antaranya sudah menyelesaikan masa isolasi.

"Ini 88 nanti malam sampai ke Kudus itu juga dalam posisi telah selesai isolasi dan sudah memang dilakukan tes swab PCR," ungkapnya.

"Rencana 88 orang, yang terdiri dari 28 selesai isolasi dan yang selebihnya memang dalam keadaan sudah sehat. Maka yang 28 orang itu tetap selesai isolasi," sambung Badai.

Badai menyebut Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus juga telah menyiapkan tiga bus untuk penjemputan warga dari Donohudan.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 407 warga Kudus yang menjalani isolasi terpusat di Donohudan dipulangkan ke Kudus karena sudah dinyatakan sembuh. Mereka dipulangkan dari beberapa gelombang.

Gelombang pertama sebanyak 98 orang dipulangkan ke Kudus. Selanjutnya sebanyak 309 orang dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke Kudus pada Sabtu (19/6).

Tonton juga Video: Transmisi Lokal Covid-19 di Kudus Jadi Perhatian Kemenkes

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)