Semarang Zona Merah Corona, Jalan ke Simpang Lima dan Kota Lama Ditutup

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 21:26 WIB
Penutupan di Jalan Pahlawan menuju Simpang Lima Semarang, Senin (21/6/2021).
Penutupan di Jalan Pahlawan menuju Simpang Lima Semarang, Senin (21/6/2021). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Kota Semarang, Jawa Tengah, kini masuk zona merah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Ruas jalan yang ditutup pun bertambah yaitu di kawasan Simpang Lima dan juga Kota Lama.

Sebelumnya sudah ada 8 ruas jalan yang ditutup hingga 2 Juli 2021 untuk pembatasan kegiatan masyarakat (PKM). Yang terbaru, akses jalan menuju kawasan Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang dan Kota Lama ditutup mulai pukul 19.30 WIB hingga 06.00 WIB setiap harinya.

Dari pantauan detikcom di Jalan Pahlawan kawasan Simpang Lima Semarang malam ini, akses dari tugu air mancur di Jalan Pahlawan hingga Lapangan Pancasila ditutup. Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar terlihat meninjau penutupan jalan itu.

"Sesuai dengan Perwal terkait dengan pengetatan kegiatan masyarakat maka mulai malam ini dilakukan penutupan beberapa kawasan Simpang Lima mulai 19.30 WIB, Kota Lama juga demikian," kata Irwan di Jalan Pahlawan, Senin (21/6/2021).

Untuk di kawasan Simpang Lima ada Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, dan Jalan Ahmad Yani. Kemudian di kawasan Kota Lama ditutup mulai perempatan Cendrawasih sepanjang Jalan Letjen Suprapto.

"Akan ditutup sampai jam 06.00 WIB pagi. Mudah-mudahan bisa berikan hasil dalam menekan penambahan kasus COVID-19," jelasnya.

Saat ditanya sampai kapan penutupan jalan di dua tempat wisata itu diberlakukan, Irwan mengatakan hal itu tergantung evaluasi dari kasus Corona di Semarang.

"Pembatasan ini akan dievaluasi tergantung fluktuatif perkembangan COVID," ujarnya.

Untuk diketahui, kasus COVID-19 di Semarang melonjak. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebut hari ini ada 1.992 kasus COVID-19 di Kota Semarang terdiri dari pasien asal Semarang maupun luar daerah yang ditangani di Semarang.

Dia pun mengeluarkan Surat Keputusan Wali Kota yang akan berlaku hari Selasa (22/6) besok yang intinya adalah pengetatan PKM mulai dari penutupan sementara kegiatan hiburan dan wisata sampai aturan kegiatan ibadah.

Sementara itu sebelumnya, sejak 18 Juni 2021 lalu sudah dilakukan penutupan 8 ruas jalan di Kota Semarang selama 24 jam tiap harinya sampai dengan 2 Juli 2021, yaitu:

1. Jl Gemah Raya-dari Simpang Brigjend Sudiarto (Jl Majapahit) sampai Kedungmundu Raya
2. Jl Letjend Soeprapto Kota Lama-dari Simpang Cendrawasih sampai Jl Mpu Tantular
3. Jl Ngesrep Timur V (Prof Sudarto)-dari Simpang Jl Setiabudi, Patung Diponegoro
4. Jl Imam Barjo-dari Simpang Jl Pahlawan sampai Simpang Jl Singosari Raya
5. Jl Klampisan Raya (Jl Honggowongso)-dari Simpang Jl Prof Hamka sampai Simpang Jl Srikaton Tengah, Jl Gatot Subroto
6. Jl Supriyadi-dari Simpang Jl Soekarno Hatta s/d Jl Brigjend Sudiarto (Jl Majapahit)
7. Jl Lamper Tengah Raya-dari Simpang Brigjend Sudiarto (Jl Majapahit) sampai Jl Tentara Pelajar
8. Jl Suratmo Raya-dari simpang Abd Rahman Saleh sampai Jl Simongan

(rih/mbr)