Ini Bulan Tersibuk Bagi Tim Pemakaman COVID-19 di Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 15:29 WIB
Pemakaman prokes COVID-19 Kabupaten Pekalongan
(Foto: Dok Tim Pemakaman COVID-19 Kabupaten Pekalongan)Pemakaman prokes COVID-19 di Pekalongan. (Foto: Dok Tim Pemakaman COVID-19 Kabupaten Pekalongan)
Kabupaten Pekalongan -

Dalam sehari, Tim Pemakaman COVID-19 Kabupaten Pekalongan, memakamkan 11 jenazah COVID-19. Bahkan, tiga pemakaman masih satu desa yakni di Wilayah Kecamatan Kesesi. Lonjakan kasus COVID-19 sangat merepotkan mereka.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan, Budi Rahardjo, menjelaskan empat tim dikerahkan, untuk melakukan pemakaman 11 jenazah pada Hari Sabtu (19/6). Bahkan hingga Sabtu malam.

"Kemarin tim pemakaman COVID-19 Kabupaten Pekalongan melakukan pemakaman jenazah COVID-19, ada 11 jenazah dalam sehari," kata Budi, Minggu (20/6/2021).

Dijelaskan Budi, pemakaman pada 11 jenazah kasus Corona tersebut, tidak dalam satu waktu, namun dalam satu hari pada Sabtu kemarin. "Dari 11 itu, semua ada di lima wilayah kecamatan. Tiga jenazah diantaranya satu desa di wilayah Kecamatan Kesesi," jelasnya.

Lima wilayah kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Kesesi, Kecamatan Sragi, Kecamatan Bojong, Kecamatan Kedungwuni, dan Kecamatan Siwalan."Ini (pemakaman 11 jenazah Corona), terbanyak. Kami harap ini pertama dan terakhir," ucapnya.

Bahkan, pihaknya mengerahkan empat tim sekaligus pada Sabtu kemarin. Empat tim pemakaman ini, satu tim beranggotakan 12 orang. "Ada empat tim. Satu tim pemakaman berisi 12 orang di antaranya 10 orang dari relawan dan 2 dari TNI Polri," jelas Budi.

Ditambahkan Budi, pascalebaran, diakuinya ada peningkatan kasus COVID-19 di Kabupaten Pekalongan, hingga membuat tim pemakaman COVID-19, bekerja ekstra.

"Sebelum lebaran satgas tidak setiap hari melakukan pemakaman, paling 3 hari sekali pemakaman. Namun, di Juni ini tim melakukan pemakaman setiap hari. Pascalebaran ada peningkatan kasus COVID-19," terangnya.

Pemakaman prokes COVID-19 Kabupaten PekalonganPemakaman prokes COVID-19 di Pekalongan. (Foto: Dok Tim Pemakaman COVID-19 Kabupaten Pekalongan)

Berbagai upaya telah dilakukan tim Satgas COVID-19 bersama TNI dan Polri dalam upaya penegakan displin dalam protokol kesehatan.

"Kami atas nama tim pemakaman COVID-19 Kabupaten Pekalongan, memohon kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan dan selalu mematuhi imbauan dari pemerintah. Karena kasus COVID-19 saat ini meningkat dan masih ada," imbuhnya.

Sementara itu, dari data informasi di https://corona.pekalongankab.go.id yang diperbarui terakhir Jumat (18/6) pukul 23.58 WIB, warga yang terkomfirmasi Corona total sebanyak 3549. 88 orang dirawat, 2960 sembuh, 307 isolasi mandiri dan 194 orang meninggal dunia.

Lihat juga Video: Pemkab Subang Siapkan Lahan untuk Pemakaman Jenazah Covid-19

[Gambas:Video 20detik]




(mbr/mbr)