Tunas Pisang Tumbuh dari Buah Kelapa di Kebumen, Rekayasa Bukan?

Rinto Heksantoro - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 13:10 WIB
pohon pisang tumbuh dari buah kelapa
Pohon pisang tumbuh dari buah kelapa. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Kebumen -

Warga Kebumen, Jawa Tengah mengaku menemukan pohon pisang yang tumbuh dari buah kelapa. Temuan tersebut menarik perhatian warga, bahkan hingga viral di media sosial.

Udin (40) warga RT 01/ RW 01, Desa Sidomoro, Kecamatan Bulus Pesantren, mengaku menemukan pohon unik tersebut sekitar tiga bulan lalu. Saat itu, ia tengah membersihkan pekarangan milik kakeknya yang tak terawat.

Merasa tak lazim, buah kelapa bertunas pohon pisang itu lalu dibawa pulang dan dirawat oleh Ilham (43), tetangganya. Oleh Ilham, pohon pisang unik itu kemudian ditempatkan pada sebuah pot bunga di depan rumahnya.

"Itu awalnya yang menemukan tetangga saya kemudian saya bawa pulang dan saya rawat," kata Ilham saat ditemui detikcom di rumahnya, Minggu (20/6/2021).

Ilham mengaku, pohon unik tersebut bukanlah hasil rekayasa lantaran sejak ditemukan kondisinya sudah seperti itu. Pohon pisang setinggi sekitar 50 cm dengan tiga tangkai daun itu tumbuh melalui ujung buah kelapa persis seperti tunas kelapa.

"Saat ditemukan memang kondisinya sudah seperti itu, bukan saya yang buat-buat atau rekayasa. Saya juga tidak tahu kok bisa seperti ini," imbuhnya.

pohon pisang tumbuh dari buah kelapapohon pisang tumbuh dari buah kelapa. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)

Tak ada perlakuan khusus untuk merawat pohon pisang itu. Ilham hanya menyirami dengan air seperti tanaman bunga lainnya. Karena viral di media sosial, banyak warga sekitar bahkan luar kota yang datang untuk melihat langsung keunikan pohon pisang tersebut.

Hingga kini, Ilham mengaku belum akan menjual pohon pisang aneh miliknya. Meski sudah banyak yang menawar, namun ia mengaku belum berminat untuk melepas pohon unik tersebut karena masih ingin merawatnya.

"Ya sudah ada yang menawar, tapi belum saya jual. Masih ingin saya rawat, buat hiburan juga kan banyak yang nonton," tandasnya.

(mbr/mbr)