Buya Syafii ke Airlangga: Banyak Politisi Muncul Bikin Negara Terpontal-pontal

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 15:53 WIB
Airlangga Hartarto di kediaman Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif di Sleman, DIY, Sabtu (19/6/2021).
Airlangga Hartarto di kediaman Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif di Sleman, DIY, Sabtu (19/6/2021). Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom
Sleman -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berkunjung ke kediaman Buya Syafii Maarif di Sleman, DIY. Airlangga didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

Buya Syafii pun menitipkan pesan kepada Airlangga. Apa isinya?

"Saya bilang begini. Kita krisis negarawan. Saya katakan, yang banyak politisi muncul. Saya katakan itu yang menyebabkan negara terpontal-pontal," kata Buya usai menerima kunjungan Airlanga di kediamannya, Nogotirto, Gamping, Sleman, Sabtu (19/6/2021).

Buya mengungkapkan, diskusi yang ia lakukan dengan Airlangga berlangsung cukup lama dan hangat.

"Diskusinya panjang dan hangat diskusinya. Kalau saya belum pernah bicara sekali dengan Pak Airlanga ini. Dan Menko kan ada 4, Menko ini (Airlangga) yang terakhir datang ke rumah yang lain sudah datang semua," ungkapnya.

Lebih lanjut, saat ditanya soal sosok Airlangga dan Agus Gumiwang apakah seorang politisi atau negarawan, Buya enggan menilai.

"Saya tidak mau menilai. Tergantung masyarakat yang berhak menilai," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendatangi kediaman Ahmad Syafii Maarif atau yang akrab disapa Buya Syafii Maarif di Sleman, DIY.

Airlangga tak sendiri saat bertemu Buya di Nogotirto, Gamping, Sleman. Ia didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

Rombongan Airlangga tiba sekitar pukul 13.08 WIB. Pertemuan di kediaman Buya berlangsung tertutup.

Pertemuan berlangsung hampir satu jam. Mereka berbincang di ruang tamu. Hingga sekitar pukul 14.04 WIB Airlangga dan Agus Gumiwang keluar.

Saat ditanya soal tujuan berkunjung ke rumah Buya, Airlangga berdalih hanya untuk bersilaturahmi. Ia pun enggan menjawab pertanyaan dari awak media.

"Tidak ada wawancara. Ini silaturahmi dengan tokoh bangsa," kata Airlangga, Sabtu (19/6).

(rih/rih)