26 Nakes RSUD Purworejo Terpapar Corona, 1 Bangsal Ditutup

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 14:45 WIB
RSUD dr Tjitrowardojo, Purworejo, Jawa Tengah.
RSUD dr Tjitrowardojo, Purworejo, Jawa Tengah. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo -

Sebanyak 26 tenaga kesehatan (nakes) di RSUD dr Tjitrowardojo, Purworejo, Jawa Tengah, terpapar virus Corona atau COVID-19. Pelayanan RSUD tetap berjalan, namun satu bangsal ditutup sementara untuk disterilkan dan pasien dipindahkan ke ruang lain.

Wadir Pelayanan RSUD dr Tjitrowardojo, Purworejo, Ika Endah L, mengatakan kasus tersebut diketahui setelah dilakukan pemeriksaan rutin melalui program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Adapun rincian nakes yang terpapar virus Corona yakni di IGD ada 6 terdiri dari 4 perawat dan 2 dokter penyintas, Bangsal Bima terdapat 4 perawat dan 2 dokter penyintas, kemudian di bagian Patologi Klinik tercatat ada 3 perawat. Selain itu, di bagian ICU COVID juga terdapat 7 orang perawat positif COVID-19 yang 2 di antaranya merupakan penyintas.

"Kemudian di Bangsal Tulip ada 1 perawat yang tertular suaminya. Karena satu tim ada beberapa perawat, akhirnya ada yang ikut terpapar 3 perawat karena kontak erat," kata Ika saat ditemui detikcom di kantornya, Sabtu (19/6/2021).

Menurutnya, dari puluhan nakes yang terpapar virus Corona, kini tinggal 4 nakes yang masih menjalani isolasi mandiri sedangkan lainnya sudah mulai masuk kerja seperti biasa setelah menjalani isolasi selama 5 hari dan dinyatakan negatif COVID-19. Bangsal Tulip sementara ditutup untuk disterilkan dan seluruh pasien dipindahkan ke bangsal lain.

"Semua yang terpapar ini OTG ya dan sebagian besar sudah sembuh dan sudah masuk kerja, tinggal 4 nakes dari Bangsal Tulip yang masih isolasi mandiri. Sambil menunggu masa karantina dan isolasi selesai, Bangsal Tulip dilakukan disinfeksi ruangan dan penerimaan pelayanan pasien anak dan lain-lain tetap berjalan seperti biasanya sembari menunggu masa karantina nakes sekitar 5 hari selesai dan dilakukan tes exit. Pelayanan tidak ada yang ditangguhkan dan masih dapat berjalan," jelasnya.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...

Simak juga 'Puskesmas di Blanakan Subang Ditutup Gegara Nakes Kena Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2