Update Terkini dari 652 Kasus Corona di PT Dua Kelinci Pati

Arif Syaefudin - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 16:33 WIB
Swab antigen karyawan PT Dua Kelinci, Pati, Jawa Tengah.
Swab antigen karyawan PT Dua Kelinci, Pati, Jawa Tengah. (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Pati -

Sebanyak 652 orang karyawan PT Dua Kelinci, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, positif virus Corona atau COVID-19. Saat ini, 89 di antaranya dinyatakan sembuh.

Senior HRD PT Dua Kelinci Pati, Taufan Rudiyanto, mengatakan bahwa kondisi para karyawan yang positif Corona tersebut berangsur membaik. Per hari ini, sudah ada 89 karyawan yang dinyatakan sembuh. Meski demikian, mereka tetap dianjurkan untuk tetap isolasi mandiri sesuai waktu yang telah ditentukan.

"Kondisinya saat ini, yang sembuh 25 ditambah 64 yang sudah dinyatakan selesai, dan dia di-antigen swab-nya hasilnya negatif," kata Taufan saat ditemui detikcom di kantornya, Jumat (18/6/2021).

Menurutnya, total ada sebanyak 5.214 karyawan yang bekerja di PT Dua Kelinci. Dari jumlah itu, hanya 13 persen karyawan yang dinyatakan positif COVID-19 dan harus menjalani isolasi.

"Seluruhnya, dari total 652 karyawan kami itu yang positif, langsung menjalani isolasi di rumah masing-masing. 2 orang di antaranya dirawat di RS karena menunjukkan gejala, dan 22 orang kami karantina menggunakan fasilitas pabrik, tentunya terpisah dari lingkup kerja," katanya.

"Jadi yang tersisa saat ini sebanyak 563 orang (positif)," lanjutnya.

Sementara itu sebanyak 4.562 karyawan yang dinyatakan negatif kini masih tetap bekerja untuk operasional pabrik. Ia pun memastikan aktivitas kerja tetap mematuhi protokol kesehatan dan proses produksi secara higienis.

"Jadi karyawan yang bekerja sejumlah 4.500-an orang, dan kami pastikan mereka negatif berdasarkan swab antigen dan ini untuk memberikan kepastian kepada mereka merasa aman dan tenang dalam bekerja di pabrik. Karena teman-temannya sudah dinyatakan negatif COVID-19," ujarnya.

Terpisah, Bupati Pati, Haryanto, mengatakan bahwa dia telah mendatangi lokasi pabrik PT Dua Kelinci untuk memastikan kondisi terkini kasus Corona para karyawan perusahaan tersebut.

"Jadi saya kemarin mendatangi Dua kelinci, memastikan ada informasi klaster di perusahaan itu. Tujuannya adalah agar benar-benar karyawan ini terlindungi. Jadi kalau ada swab kemudian terjadi reaksi antigen, itu bukan menjadikan hal yang ditakuti. Tapi justru malah satu langkah yang baik karena jumlah karyawannya banyak kemudian setelah diketahui bisa dilokalisir," kata Haryanto saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, hari ini.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Pati, Haryanto, mengungkap sebanyak 652 karyawan PT Dua Kelinci yang berada di wilayah Margorejo, positif virus Corona atau COVID-19. Haryanto mengungkap sebanyak 114 orang di antaranya berasal dari Kudus.

"Semula diketahui satu dua (karyawan) dari Kudus. Total yang kasus 652 positif. Karyawan dari Kudus 459, yang positif 114," ujar Bupati Pati Haryanto, Kamis (17/6).

Dari ratusan karyawan yang positif ini, 538 orang di antaranya berasal dari Pati dan 114 dari Kudus. Kebanyakan mereka menjalani karantina mandiri di rumah. Sedangkan sebanyak 22 karyawan menjalani isolasi di perusahaan dan 2 orang karyawan asal Pati tengah dirawat di rumah sakit.

Simak juga Video: Kasus Corona DKI Naik, Pangdam-Kapolda Metro Lakukan Evaluasi

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)