Masih Ada Masjid di Kudus Gelar Jumatan Saat Zona Merah Corona

Dian Utoro Aji - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 13:50 WIB
Suasana salat Jumat di Kudus yang saat ini berstatus zona merah Corona di Jateng
Suasana salat Jumat di Masjid Al-Aqsha Menara Kudus yang saat ini berada di zona merah Corona. (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan surat edaran terkait dengan kegiatan keagamaan di rumah ibadah zona merah Corona ditiadakan sementara. Ternyata masih ada yang menggelar salat Jumat di zona merah COVID-19 Kudus, Jawa Tengah.

Dari pengamatan detikcom, Jumat (18/6/2021), sejumlah masjid di Kota Kudus masih ada yang menggelar salat Jumat. Misalnya saja di Masjid Al-Aqsha Menara Kudus.

Masjid yang berada di kompleks Menara, Makam, dan Masjid Sunan Kudus itu masih ramai didatangi jemaah salat Jumat. Tak ada pengumuman soal peniadaan salat Jumat yang dipasang di area Masjid Al-Aqsha Menara Kudus. Tampak para jemaah di Masjid Al-Aqsha Menara Kudus ini mengikuti salat Jumat dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Berbeda dengan Masjid Al-Aqsha Menara Kudus, Masjid Agung Kudus meniadakan ibadah salat Jumat. Pengumuman tersebut pun sudah dipasang di depan pintu masuk masjid.

Sejumlah jemaah tampak kecele ketika datang ke Masjid Agung Kudus. Setelah membaca pengumuman tersebut, mereka akhirnya memutuskan putar balik.

Terpisah, Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan pihaknya telah mendapatkan surat edaran soal anjuran meniadakan kegiatan keagamaan di rumah ibadah di zona merah Corona. Dia berharap agar masyarakat mematuhi surat edaran tersebut, apalagi Kudus saat ini menjadi zona merah COVID-19.

"Kita sebatas menindaklanjuti SE Kemenag, harapan kami ya artinya kita Kota Santri dan kondisinya saat ini pandemi. Ini sekian lama, ini tantangan kita semua untuk menjalani tantangan kehidupan ini, kalau saya mengikuti saja (SE)," kata Hartopo kepada wartawan ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (18/6/2021).

Suasana salat Jumat di Kudus yang saat ini berstatus zona merah Corona di JatengMasjid Agung Kudus meniadakan salat Jumat karena berada di zona merah Corona Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Diberitakan sebelumnya, Masjid Agung Kudus hari ini memastikan tidak menyelenggarakan salat Jumat. Hal tersebut pun mengingat kondisi Kudus yang zona merah penyebaran COVID-19.

"Berdasarkan rapat Masjid Agung Kudus pada hari Rabu (16/6) bahwa mengingat Kabupaten Kudus zona merah, dan mengingat posisi Masjid Agung Kudus berada di pusat kota yang dikunjungi tidak hanya orang Kudus, tidak hanya orang sekitar dan memperhatikan surat edaran perpanjangan PPKM maka pengurus memutuskan tidak menyelenggarakan salat Jumat," kata Ketua Pengurus Masjid Agung Kudus pagi tadi.

(ams/sip)